Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rumah Sakit Rujukan untuk Pasien Covid-19 di Kabupaten Garut

Kompas.com - 01/07/2021, 23:59 WIB
I Kadek Wira Aditya

Editor

GARUT, KOMPAS.com – Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Garut, Yeni Yunita menyatakan kini ada empat Rumah Sakit (RS) rujukan untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Garut.

Ada pun RS rujukan untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Garut di antaranya RSUD Pamengpeuk, RSU Guntur, dan RS Medina, dan RSUD dr Slamet.

“Ada empat, yaitu RSUD dr Slamet, RSUD Pamengpeuk, RSU Guntur dan RS Medina, tapi hanya RSUD dr Slamet yang hanya menangani pasien Covid-19,” ungkap Yeni saat dihubungi melalui aplikasi pesan, Kamis (1/7/2021) sore.

Baca juga: RSUD dr Slamet akan Jadi RS Rujukan Pasien Covid-19, Ini Layanan yang Tersedia

Diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut tidak akan lagi menerima pasien baru, baik pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD) maupun pasien rawat inap hingga batas waktu yang belum ditentukan, terhitung mulai Senin (5/7/2021) secara resmi. 

Kebijakan tersebut tertuang dalam surat yang disampaikan RSUD dr Slamet Garut kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, fasilitas kesehatan swasta, dan tempat praktek pribadi dengan perihal surat pemberitahuan penutupan pelayanan non Covid-19.

Baca juga: Alami Flu hingga Pusing, Wakil Bupati dan Sekda Garut Terpapar Covid-19

Bupati Garut, Rudy Gunawan membenarkan rencana akan dijadikannya RSUD dr Slamet Garut sebagai rumah sakit khusus bagi pasien Covid-19.

Alasan langkah tersebut diambil karena RSUD dr Slamet memiliki peralatan medis lebih baik. 

“Insya Allah minggu depan, kami akan jadikan RSUD dr Slamet sebagai rumah sakit Covid-19 dengan 500 bed (ranjang), karena memiliki ventilator, alat-alat yang lebih lengkap dibanding rumah sakit swasta lain,” ungkapnya, lewat siaran pers yang disampaikan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com