Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2022, 10:17 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Cianjur, Jawa Barat mewaspadai bencana lanjutan seperti tanah longsor dan banjir usai gempa M 5,6 yang terjadi Senin (21/11/2022).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, imbauan ini terutama untuk warga yang tinggal di lereng perbuktikan dan lembah atau bantaran sungai.

Pasalnya, lereng-lereng perbukitan di Cianjur menjadi rapuh usai terjadi gempa bumi.

Hal ini dapat semakin diperparah dengan tingginya intensitas hujan yang berpotensi mengguyur Cianjur.

Baca juga: 5 Rumah dan 1 Tempat Ibadah di Bandung Barat Rusak Diguncang Gempa Cianjur, Penghuni Luka Tertimpa Reruntuhan

"Lereng-lereng yang rapuh ini ditambah hujan deras dapat memicu terjadinya longsor dan banjir bandang dengan membawa material runtuhan lereng. Jadi masyarakat dan pemerintah setempat juga perlu mewaspadai adanya kolateral hazard atau bahaya ikutan usai gempa kemarin," kata Dwikorita dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Dwikorita mengatakan, banyaknya korban jiwa dalam peristiwa gempa Cianjur akibat tertimpa bangunan yang tidak mampu menahan goncangan gempa.

"Sebenarnya gempa tidak membunuh dan melukai. Justru, bangunanlah yang membunuh dan melukai manusia," kata Dwikorita.

Untuk itu, Dwikorita meminta masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi.

Karena dikhawatirkan tidak kuat menopang dan ambruk jika sewaktu-waktu terjadi gempa susulan.

"Untuk sementara jangan memaksakan kembali ke rumah jika bangunannya rusak atau retak-retak. Hingga pukul 06.00 WIB, 22 November 2022, telah terjadi 117 gempa susulan dengan kekuatan terbesar M 4,2 dan terkecil M 1,5 magnitudo," ujarnya.

Tembok di Lapas Kelas II B Cianjur, Jawa Barat roboh imbas gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang wilayah tersebut dan sekitarnya kemarin, Senin (21/11/2022) Dok. Kemenkumham Tembok di Lapas Kelas II B Cianjur, Jawa Barat roboh imbas gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang wilayah tersebut dan sekitarnya kemarin, Senin (21/11/2022)

Sejak kejadian kemarin, tim BMKG terjun ke lokasi bencana bersama BPBD Kota Cianjur untuk melakukan sosialisasi dan menenangkan warga masyarakat yang terdampak.

Sedangkan, mulai hari ini, Selasa (22/11/2022), tim Survey BMKG akan melakukan perekaman gempa-gempa susulan dan tingkat kerusakan, untuk menghasilkan peta makrozonasi dan mikrozonasi yang diperlukan untuk mendukung proses rekonstruksi dan penyempurnaan tata ruang.

Baca juga: 5 Orang Ditemukan Tewas Tertimbun Longsor akibat Gempa Cianjur

Sebagai informasi, berdasarkan data BNPB, Selasa (22/11/2022) pukul 08.35 WIB, jumlah korban meninggal 62 orang, 92 orang luka-luka, dan lebih dari 5.000 orang mengungsi di beberapa titik.

Sementara, dalam keterangan pers Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Senin (21/11/2022) malam, jumlah korban meninggal dunia mencapai 162 orang dan dan 326 luka-luka akibat gempa Cianjur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com