Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciwidey dan Pangalengan Bandung Diperkirakan Jadi Pusat Keramaian Malam Tahun Baru

Kompas.com - 29/12/2022, 21:12 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dua wilayah di Kabupaten Bandung, bakal menjadi titik konsentrasi warga saat perayaan malam tahun baru 2023.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo mengatakan, kedua titik itu ada di tempat wisata seperti Ciwidey dan Pangalengan.

Sejumlah skema pengaturan lalu lintas, bakal diterapkan di kedua jalur tersebut.

Baca juga: Ini Sejumlah Ruas Jalan di Surabaya yang Ditutup Saat Malam Tahun Baru

"Sebetulnya berbagai tempat bisa jadi titik konsentrasi massa, tapi dua lokasi wisata seperti Ciwidey dan Pangalengan diprediksi menjadi yang terbesar," kata dia ditemui di Mapolresta Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/12/2022).

Kusworo mengaku telah menyiapkan beberapa skema untuk mengurai lajur kendaraan apabila terjadi penumpukan di kedua jalur tersebut. 

Seperti di Ciwidey, pihaknya akan mengoptimalkan Pos Simpang Tiga Sadu. Nantinya, pos tersebut akan digunakan untuk melakukan koordinasi terkait tindakan mengurai penumpukan kendaraan.

Baca juga: 147.001 Penumpang Internasional Tiba di Bandara Ngurah Rai Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Apabila terjadi penumpukan arah Soreang menuju Ciwidey atau sebaliknya di Simpang Tiga Sadu, petugas kepolisian akan mengarahkan kendaraan dari arah Soreang ke Ciwidey di seputaran Soreang.

"Setelah dialihkan ke wilayah Soreang, kami akan melakukan sistem one way (satu arah) sepenggal, namun itu dilihat berdasarkan kondisi di lapangan artinya situasional," jelasnya.

Bila sistem one way sepenggal dirasa sudah cukup mengurai penumpukan kendaraan, maka kendaraan dari arah Soreang menuju Ciwidey akan dilancarkan kembali.

"Jadi kami akan lihat dulu titik arah mana yang sudah longgar penumpukannya, maka dengan segera akan kami urai," ungkapnya.

Tak hanya lokasi wisata Ciwidey dan Pangalengan, lintas Cileunyi dan Nagreg tak lepas dari pemantauan.

"Skema yang sama juga kami akan terapkan di sana, karenakan jalur itu juga suka digunakan orang yang mau pulang kampung atau berpergian keluar kota," beber dia.

Selain lokasi wisata, pihaknya memprediksi tempat-tempat ibadah akan menjadi titik konsentrasi masyarakat yang merayakan malam tahun baru.

Mengantisipasi adanya tindakan yang tidak diinginkan di tempat ibadah, pihaknya mengaku telah menurunkan sejumlah personel untuk memperketat situasi.

"Kita juga akan membuat rasa aman dan nyaman malam tahun baru," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com