Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Haji dan Umrah, Bandara Kertajati Juga Layani Penerbangan ke Kuala Lumpur Malaysia

Kompas.com - 09/04/2023, 23:07 WIB
Dita Angga Rusiana

Editor

KOMPAS.com - Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, akan kembali melayani penerbangan pada tanggal 15 April 2023 mendatang. Rencananya Bandara Kertajati akan melayani penerbangan haji, umrah dan reguler. 

Pada tanggal 15 April, Maskapai Lion Air kode penerbangan JT-068 dengan pesawat Airbus A330-300, akan melayani penerbangan charter umrah Kertajati (KJT)-Medinah (MED). Lalu pada 9 Mei 2023, menyusul maskapai Garuda Indonesia juga akan melayani penerbangan umrah dari Kertajati.

Kemudian pada 17 Mei 2023, dijadwalkan maskapai AirAsia akan melayani penerbangan reguler dengan rute perdana Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca juga: 8.700 Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Bandara Kertajati

Selanjutnya, pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2023, akan melayani penerbangan haji. Diketahui Bandara Kertajati telah ditetapkan sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi haji oleh Kementerian Agama.

Terkait rencana tersebut, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, meninjau kesiapan Bandara Kertajati, pada Minggu (9/4/2023). 

Menko PMK Muhadjir Effendy berharap keberadaan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang sedang dituntaskan akan mendukung kemudahan akses ke Bandara Kertajati.

“Kita harapkan dengan selesainya akses jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan semakin memudahkan aksesibilitas dari dan ke Bandara Kertajati,” kata Muhadjir.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi telah menugaskan PT Angkasa Pura II untuk membantu memastikan kesiapan pelayanan Bandara Kertajati.

“AP II sudah punya pengalaman kerja sama dengan GMR India seperti yang dilakukan di Bandara Kualanamu. Bandara Kertajati akan menjadi bandara hub di Jawa Barat. Lokasinya juga dekat dengan Pelabuhan Patimban yang nantinya akan sebesar Pelabuhan Tanjung Priok. Jadi ini sangat strategis,” kata Budi. 

Dia mengatakan pihaknya akan terus berupaya mengoptimalkan pengoperasian pesawat dari dan ke Bandara Kertajati setelah masa mudik lebaran.

“Nantinya semua pesawat jet dan propeler (baling-baling) akan beroperasi di Kertajati. Sementara, Bandara Husein Bandung akan melayani khusus pesawat VVIP dan private jet. Tetapi setahun ini pesawat propeler masih akan tetap beroperasi di Bandara Husein,” ungkapnya.

Baca juga: BIJB Kertajati Majalengka Mulai Terbangkan Jemaah Haji 17 Mei 2023

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pada akhir Mei 2023 jalan tol Cisumdawu sepanjang 65 Km ditargetkan sudah beroperasi secara penuh.

“Dari Bandung ke Cisumdawu hanya satu jam. Ini akan mendukung Bandara Kertajati sebagai hub baru,” ujarnya.

Pihak pengelola Bandara Kertajati yaitu PT BIJB dan Angkasa Pura II menyatakan fasilitas bandara telah siap untuk melayani para penumpang dan pergerakan pesawat.

Sejumlah fasilitas yang disiapkan yaitu runway sepanjang 3.000 meter yang mampu didarati pesawat besar (wide body). Lalu area parkir pesawat yang mampu menampung hingga 22 pesawat. Kemudian area terminal penumpang, parkir kendaraan, mushola, ruang penyimpanan barang berharga, AC, CCTV, stok bahan bakar, serta fasilitas lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com