Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Pamit, Ini Mungkin Lebaran Terakhir Bersama, Tahun Depan Tidak Tahu Takdir Allah seperti Apa"

Kompas.com - 22/04/2023, 15:07 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyampaikan permohonan maaf sekaligus berpamitan kepada warga Jabar.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Emil itu saat memberi sambutan Shalat Idul Fitri 1444 H di Masjid Raya Al Jabbar, pada Sabtu (22/4/2023).

Ridwan Kamil mengatakan, tahun ini merupakan tahun terakhirnya bersama Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, menjabat sebagai pemimpin Provinsi Jabar.

Selain memohon maaf atas segala kekurangan selama ia menjabat, Ridwan Kamil juga melaporkan bahwa Jabar telah menerima 510 penghargaan pada periode kepemimpinannya.

"Sekaligus tadi saya pamit bersama Pak Uu, karena ini mungkin Lebaran terakhir bersama, karena tahun-tahun depan kami tidak tahu takdir Allah seperti apa," kata Ridwan Kamil, dikutip dari TribunJabar.id, Sabtu (22/4/2023).

Baca juga: Ridwan Kamil Shalat Id di Masjid Al Jabbar, Tak Gelar Open House

"Tapi minimal di hari ini kami menyampaikan permohonan maaf dan pamit, mudah-mudahan warga Jawa Barat bisa menerima plus minusnya apa yang sudah kami dedikasikan," sambungnya.

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil juga menyampaikan, pihaknya kini tengah fokus mengantisipasi lonjakan wisatawan pada masa libur lebaran.

"Ya itu sudah diantisipasi ya, ratusan destinasi wisata mulai siang ini sampai nanti arus mudik mungkin seminggu ke depan," ucap Ridwan Kamil.

"Dari kepolisian sudah diperbantukan banyak tim, daerah-daerah juga sama, yang penting jaga ketertiban, kalau ada apa-apa bisa hubungi kepolisian," terangnya.

Ridwan Kamil doakan Ganjar Pranowo

Selain menyampaikan permintaan maaf dan berpamitan kepada warga Jabar, pada momen itu, Ridwan Kamil juga mengucapkan selamat kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang telah ditunjuk PDI-P sebagai capres pada Pemilu 2024.

Baca juga: Pemudik Naik 40 Persen, Ridwan Kamil Minta Bijak Pilih Waktu Mudik

"Selamat untuk Pak Ganjar menjadi capres dari PDI-P, didoakan lancar-lancar dan terkabul apa yang dicita-citakan," ungkapnya.

Menurut Ridwan Kamil, Presiden dan Wakil Presiden RI serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar telah ditakdirkan.

"Siapa pun yang akan menjadi pemimpin sudah ada takdirnya," jelasnya.

Dia menilai, siapa pun bisa menjemput takdir itu dengan cara yang baik. Ridwan Kamil juga berpesan agar warga Jabar dan seluruh Indonesia tidak bertengkar dalam proses pemilihan.

"Siapa pun yang jadi (pemimpin), sudah ada garis tangannya. Tidak usah kita sampai seperti tahun-tahun sebelumnya," tutur Ridwan Kamil.

"Jawa Barat Insya Allah kondusif, aman, nyaman, dan kita doakan yang terpilih adalah yang terbaik untuk bangsa ini," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com