Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Penganiayaan Siswi Tasikmalaya Ternyata Tak Pernah Dicabut seperti Klaim Kepsek

Kompas.com - 24/05/2023, 14:10 WIB
Irwan Nugraha,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kota (Polresta) Tasikmalaya, Jawa Barat, melanjutkan proses hukum kasus penganiayaan terhadap APR (16), siswi kelas XI di SMAN 1 Tasikmalaya, oleh siswa yang merupakan teman sekelasnya berinisial ARP (17).

Pelaku telah ditetapkan sebagai anak yang berkonflik dengan hukum dan kasusnya ditingkatkan dari penyelidikan ke tahap penyidikan usai gelar perkara pada Selasa (23/5/2023).

Hal ini berbeda dari penjelasan Kepala Sekolah SMAN 1 Tasikmalaya, Yonandi, pada Senin (22/5/2023).

Dalam konferensi pers di SMAN 1 Tasikmalaya, Yonandi mengeklaim bahwa kasus itu sudah selesai dan keluarga korban sudah mencabut laporan polisi.

Baca juga: Kasus Penganiayaan Siswi SMAN 1 Tasikmalaya Berakhir Damai, Laporan Polisi Dicabut

"Maka kami lakukan penyelidikan lanjutan dan hasilnya kemarin sore penyidik melakukan gelar perkara dan meningkatkan status ke penyidikan terhadap tindak pidana. Kemudian posisinya saat ini ada anak berhadapan dengan hukum (korban) dan anak berkonflik dengan hukum (pelaku)," ujar Kepala Polresta Tasikmalaya, AKBP Sy Zainal Abidin, saat merilis kasus ini di Mapolresta Tasikmalaya, Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Dianiaya, Siswi SMA Tasikmalaya Diduga Diintimidasi Orangtua Pelaku

Zainal mengatakan, sejak laporan diterima pada Selasa (16/5/2023) hingga gelar perkara pada Selasa pekan ini, penyidik memutuskan kasus tersebut murni tindak kekerasan terhadap anak.

Sehingga, pelaku diancam Pasal 80 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

"Ancaman hukumannya 3 tahun 6 bulan penjara. Adapun alat bukti berupa visum korban dan keterangan saksi saat proses penyelidikan. Kesimpulannya, maka kejadian ini adalah tindakan kekerasan terhadap anak," kata Zainal.

Benarkan upaya restorative justice

Zainal membenarkan Polresta Tasikmalaya telah memfasilitasi upaya damai lewat restorative justice antara kedua belah pihak disaksikan pihak sekolah di Mapolresta Tasikmalaya, Rabu (17/5/2023).

Saat pertemuan itu, keluarga korban dan pelaku bersepakat berdamai. Hal ini ditunjukkan dengan tanda tangan kedua pihak hitam di atas putih.

Namun, orangtua korban mengetahui dan tersinggung saat pihak sekolah melakukan pertemuan dengan keluarga pelaku di sekolah usai perdamaian, tanpa dihadiri Kepolisian dan keluarga korban, Jumat (19/5/2023).

Selain itu, saat pertemuan pada hari Jumat, korban tanpa pendampingan bertemu dengan orangtua pelaku. 

Dari rekaman video yang diambil korban secara diam-diam, korban dinitimidasi oleh orangtua pelaku.

Mengetahui hal itu, keluarga korban akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kasus tersebut..

"Tanggal hari Jumat (19/5/2023) ada pertemuan kembali di pihak sekolah, tapi tidak mengundang kepolisian dan pelapor sekaligus orangtua korban. Maka, saudara pelapor merasa ketersinggungan secara personal dan menyampaikan ke media sosial," ujar Zainal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com