Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Blokade Jalan Dago Bandung, Kesal Laporan Dugaan Penipuan Ditolak Polisi

Kompas.com - 15/08/2023, 00:16 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Warga di Dago Elos, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, memblokade Jalan Raya Ir H Djuanda di sekitar Terminal Dago, Senin (14/8/2023) malam.

Warga juga membakar sejumlah ban di tengah jalan.

Baca juga: Kurir Ekspedisi Mabuk dan Jambret Seorang Anak di Bandung, Uang Rampasan Rp 7.000

Aksi blokade dilakukan warga Dago Elos mulai pukul 21.00 WIB, setelah laporan dugaan pemalsuan data dan penipuan terkait tanah mereka ditolak Polrestabes Bandung.

Salah satu warga Dago Elos, Rizkia Puspania mengatakan, mulanya sejumlah warga bersama kuasa hukum mendatangi Mapolrestabes Bandung untuk membuat laporan atas dugaan penipuan yang dilakukan seorang warga.

Warga sudah tiba di Mapolrestabes Bandung sejak pukul 10.20 WIB dan baru diperbolehkan masuk sekitar pukul 11.45 WIB.

Total ada empat pelapor, terdiri dari tiga perempuan dan satu laki-laki.

Setelah ditunggu sampai pukul 19.30 WIB, pihak kepolisian hanya melakukan berita acara wawancara (BAW), bukan berita acara pemeriksaan (BAP).

"Laporan kami ditolak polisi, padahal semua data-data, bukti-bukti sudah tercantum. Alasannya karena bukti tidak cukup. Alasan lainnya ingin ada salah satu pelapor yang memiliki sertifikat tanah, itu kan konyol. Kalau mau bilang dari siang, kita sudah delapan jam," kata Rizkia saat dihubungi, Senin malam.

Warga lain yang sudah menunggu meminta polisi datang menemui mereka dan menyampaikan secara langsung alasan laporan tersebut ditolak.

"Tapi tidak satu pun yang keluar. Akhirnya warga marah dan pulang dan memblokade jalan dengan cara membakar (ban) untuk menarik perhatian mereka dan satu jam kemudian mereka datang," ucapnya.

Setelah satu jam dilakukan penutupan jalan, sejumlah aparat kepolisian mulai berdatangan untuk bernegosiasi.

"Ini sedang ngobrol dulu tim inti, negosiasi seperti apa yang akan disampaikan ke pihak kepolisian," katanya.

Rizkia mengatakan, warga menuntut agar laporan mereka diterima kemudian dilakukan BAP.

"Kami hanya ingin laporan kita diproses, sesederhana itu, tapi ditolak, padahal bukti sudah jelas. Aksi akan terus dilakukan sampai laporan kita diterima, dijadikan BAP, tidak hanya BAW, hanya itu saja," ujarnya. 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul: BREAKING NEWS: Warga Dago Elos Blokir Jalan Raya Ir H Djuanda Kawasan Terminal Dago

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com