Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Chil Sung, Prajurit Korea yang Berjuang Melawan Belanda Bersama Rakyat Garut

Kompas.com - 27/08/2023, 23:30 WIB
Puspasari Setyaningrum

Editor

KOMPAS.com - Perjuangan rakyat Garut melawan pasukan Belanda yang menjajah wilayah mereka menyimpan cerita sosok pahlawan bernama Yang Chil Sung yang ternyata berasal dari Korea.

Kisah Yang Chil Sung memang tidak ditemukan pada buku pelajaran sejarah di sekolah, namun Pemerintah Kabupaten Garut atas kerjasama dengan Korea Selatan akan mengangkat kisahnya ke layar lebar.

Baca juga: Perjanjian Renville: Isi, Tokoh, Latar Belakang, dan Dampaknya bagi Kedaulatan Indonesia

Dilansir dari laman jabarprov.go.id, film berjudul "Tanah Air Kedua" ini akan mengangkat kisah nyata perjuangan Yang Chil Sung saat berjuang di Indonesia pada masa Perang Dunia II.

Aktor ternama Korea, Kim Bum, akan menjadi pemeran utama yang memerankan karakter Komarudin alias Yang Chil Seong. Sementara Maudy Ayunda akan memerankan istri Komarudin yang merupakan warga asli dari Wanaraja, Garut.

Baca juga: Pemberontakan APRA: Tokoh, Latar Belakang, Tujuan, dan Dampak

Mengenal Sosok Yang Chil Sung

Yang Chil Sung alias Komarudin dikenal sebagai prajurit Korea yang membantu rakyat Garut pada masa perang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1945-1949.

Namanya diketahui terukir di sebuah nisan di antara makam para pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia di Taman Makam Pahlawan Tenjolaya, Garut.

Baca juga: Pemberontakan Kartosoewirjo: Latar Belakang, Tokoh, dan Dampak

Dilansir dari laman world.kbs.co.kr, Yang Chil Sung atau Yang Chil Seong adalah sosok prajurit kelahiran 29 Mei 1919 yang berasal dari wilayah Wanjoo, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan.

Ia menjadi satu dari seribu lebih Gun Sok, sebutan untuk tentara bantuan Jepang yang direkrut pada masa Perang Dunia II.

Dilansir dari laman Antara (15/11/2017), Yang Chil Sung dibawa tentara Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 untuk ditugaskan menjaga tahanan di Bandung.

Saat itu wilayah Korea juga menjadi daerah jajahan Jepang seperti halnya wilayah Indonesia.

Yang Chil Sung Bergabung dengan Pasukan Indonesia

Ketika Jepang menyerah kepada Sekutu, tidak semua tentara Jepang dapat kembali ke negaranya termasuk Yang Chil Sung dan dua tentara Jepang bernama Aoki dan Hasegawa.

Ketiganya memilih tetap bertahan di Indonesia dan pergi ke Kabupaten Garut untuk bergabung berjuang bersama pejuang-pejuang pribumi yang menamakan diri pasukan Pangeran Papak.

Status mereka yang bergabung dengan pejuang pribumi membuat mereka harus memiliki nama Indonesia. Yang Chil Sung kemudian mengubah namanya menjadi Komarudin.

Di Garut, Yang Chil Sung alias Komarudin juga menikah dan memutuskan memeluk agama Islam.

Yang Chil Sung Ditangkap dan Dieksekusi Mati

Sayangnya, Yang Chil Sung dan rekan-rekannya berhasil ditangkap oleh pasukan Belanda dan dieksekusi pada 10 Agustus 1949 di Lapang Kerkof, Kabupaten Garut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com