Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bupati Bandung Bebaskan Sebagian Warga dari Jeratan Pinjol dan Bank Emok

Kompas.com - 01/09/2023, 22:43 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com Bupati Bandung Dadang Supriatna, meraih penghargaan Indonesia Awards 2023.

Dadang meraih apresiasi tertinggi yakni Excelent Award for Strategic Inisiative atas prakarsa dan kebijakannya mengenai program pinjaman modal usaha bergulir tanpa bunga dan tanpa agunan. 

Bupati Bandung ini menceritakan bagaimana awal mula program tersebut tercetus. Sebelum dirinya menjadi bupati Bandung, banyak warga kecil terjerat pinjaman online dan rentenir. 

Baca juga: Kasus Penembokan Akses Jalan di Bandung, Bupati Bandung: Melanggar Hukum

Selain itu, banyak juga pengusaha kecil yang gulung tikar alias bangkrut akibat terdampak pandemi Covid-19 sehingga dia berpikir bagaimana caranya membantu dan membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Kabupaten Bandung.

"Ketika dilantik jadi bupati saya kemudian punya inovasi pinjaman modal bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan ini. Dan ternyata program ini sangat terasa manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Bandung," akunya. 

Melalui program dana bergulir ini, lanjut Dadang, pihaknya telah menyalurkan dana bergulir kepada 13.360 penerima manfaat sepanjang 2022 dengan realisasi anggaran sekitar Rp 27 miliar.

Baca juga: Hengky Kurniawan Mundur dari Jabatan Bupati Bandung Barat untuk Nyaleg

 

Bahkan di tahun 2023 ini, Pemkab Bandung menganggarkan Rp 70 miliar untuk peningkatan jangkauan penerima manfaat.

"Gagasan dan inisiatif ini sukses menumbuhkan banyak wirausahawan baru dan membuat masyarakat terbebas dari pinjol dan bank emok. Nilai Rp 70 miliar ini juga bikin kaget Pak Presiden karena menjadi yang terbesar," bebernya. 

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, program dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan itu  selaras dengan visi misi serta janji kampanye ketika hendak mencalonkan diri menjadi Bupati Bandung.

Yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan prinsip keadilan dan keberpihakan pada kelompok masyarakat lemah.

"Program ini juga merupakan salah satu dari 13 program prioritas Kabupaten Bandung. Alhamdulillah setelah program ini diluncurkan memang banyak pengusaha kecil yang tumbuh dan masalah bank emok bisa diatasi sekaligus menumbuhkan perekonomian masyarakat," tuturnya.

Bupati Dadang Supriatna menjadi satu-satunya kepala daerah kategori bupati/walikota di Jawa Barat yang berhasil meraih Indonesia Awards 2023 tersebut.

Selain Dadang Supriatna, terdapat kepala daerah lainnya yang mendapatkan penghargaan, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ada puka Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang meraih penghargaan Indonesia Awards 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com