Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi M 5,1 Guncang Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 01/10/2023, 11:38 WIB
Khairina

Editor

Sumber BMKG

KOMPAS.com- Gempa bumi magnitudo 5,4 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (1/10/2023) pukul 11:00.26 WIB. 

Pusat gempa berada di darat, 30 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi dengan koordinat 7.26 LS - 106.60 BT dengan kedalaman 104 kilometer.

Baca juga: Gempa M 5,3 Guncang Tanimbar, Tak Berisiko Tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dalam situsnya www.bmkg.go.id menulis, gempa dirasakan di Sukabumi (skala IV MMI), Sawarna, Pelabuhan Ratu, Soreang, Cianjur, Cibadak, Bandung, Bogor, Cisolok, Cipanas, dan Lebak.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam rilis yang diterima Kompas.com menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Jawa Barat.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik ( oblique thrust ).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 11.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Darsono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com