Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Parkir Motor Rp 10.000, Parkiran Liar di Jalan Asia Afrika Ditutup Paksa

Kompas.com - 04/10/2023, 13:10 WIB
Putra Prima Perdana,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS. com- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bersama Satpol PP Kota Bandung didampingi Kepolisian dan TNI menutup paksa parkiran liar eks Palaguna Plaza di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, yang belakangan viral karena menetapkan karcis parkir sebesar Rp 10.000 untuk sepeda motor.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, tidak terjadi perlawanan dari pengelola saat penutupan paksa yang berlangsung singkat tersebut.

"Tidak ada perlawanan, semua berjalan lancar, " kata Asep saat ditemui di Alun-Alun Kota Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (4/10/2023).

Baca juga: Viral, Foto Parkir Motor Rp 10.000 di Jalan Asia Afrika Bandung, Ini Kata Pengelola Museum KAA

Lebih lanjut Asep mengatakan, parkiran di lahan Eks Palaguna Plaza dan sekitarnya dinyatakan ilegal karena tidak mengantongi izin pengelolaan parkir Off Street dan tidak membayar pajak kepada Pemkot Bandung.

Meski demikian, Pemkot Bandung akan mengizinkan operasional parkiran eks Palaguna Plaza dan sekitarnya dibuka kembali dengan syarat mengurus Izin Pengelolaan Tempat Parkir (IPTP) ke Dishub Kota Bandung dan izin usaha ke

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

"Pengelolaan parkir off street harus ada izin karena harus ada pajak yang masuk ke Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD). Karena parkiran itu enggak ada izinnya, untuk sementara ditutup sebelum izinnya diurus, " bebernya.

Baca juga: Pj Gubernur Jabar Minta Pungli Parkir di Kota Bandung Segera Dibereskan

Sebagai bentuk pengawasan, Asep mengatakan Dishun Kota Bandung dan Satpol PP Kota Bandung akan menempatkan anggotanya di sekitar eks Palaguna Plaza.

"Kalau maksa buka, laporkan langsung. Kalau buka juga kita akan kasih sanksi, " ungkapnya.

Selain menempatkan anggota, Satpol PP Kota Bandung juga telah mencabut plang-plang dan petunjuk parkir di lokasi tersebut.

"Masyarakat juga diimbau harus bijak, jangan memaksakan parkir di tempat parkir ilegal. Untuk Asia Afrika dan Alun Alun parkir ada di basement alun-alun, " imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com