Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Siswa SD di Bandung Barat Diduga Keracunan Yoghurt

Kompas.com - 11/10/2023, 18:16 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - 20 siswa SDN 1 dan 2 Cimerang, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (Jabar), mengalami keracunan, pada Rabu (11/10/2023).

Para siswa tersebut mengalami sejumlah gejala keracunan diduga setelah mengonsumsi yogurt yang mereka beli di lingkungan sekolah.

Gejala yang dialami para korban antara lain mual, muntah, pusing, dan sakit perut.

Penjelasan pihak medis

Petugas Medis Puskesmas Padalarang, dr. Daniel mengatakan, pihaknya menerima informasi soal peristiwa tersebut pada sekitar pukul 10.00 WIB.

Pihak puskesmas kemudian tiba di lokasi kejadian dan melakukan penanganan kepada para korban sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca juga: 39 Orang Diduga Keracunan Sate Jebred di Garut, 2 di Antaranya Meninggal Dunia

"Jumlah yang kami tangani ada 20 murid. Saat dilakukan pemeriksanaan, ini memang gejala khas keracunan," kata Daniel, dikutip dari TribunJabar.id.

Dia menjelaskan, dari 20 siswa yang menjadi korban, 18 orang di antaranya adalah murid SDN 1 Cimerang, sedangkan 2 orang lainnya adalah murid SDN 2 Cimerang.

Berdasarkan hasil penelusuran, Daniel melanjutkan, gejala keracunan yang dialami para korban diduga disebabkan oleh yogurt yang dijual di lingkungan sekolah.

Akan tetapi, pihaknya perlu melakukan uji sampel terlebih dahulu di Labkesda Jabar untuk mengetahui penyebab pasti keracunan massal tersebut.

"Dugaan (keracunan) ini dari jajanan yogurt, tapi untuk pastinya, kami ambil sampelnya untuk diteliti," ujar Daniel.

Baca juga: Keracunan Sate Jebred Buat 2 Orang Tewas, Penjual dan Pembuatnya Diperiksa Polisi

2 korban alami dehidrasi

Daniel menyampaikan, pihaknya memberikan cairan infus serta obat-obatan kepada korban yang mengalami gejala keracunan itu.

Berdasarkan laporan terakhir, 18 orang korban telah pulih, sedangkan 2 orang lainnya perlu penanganan lebih lanjut lantaran menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.

"Sudah banyak yang sembuh, fase kritis 4 jam pertama sudah terlewati karena langsung kami tangani. Sekarang tinggal dua murid yang mengalami gejala dehidrasi," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "BREAKING NEWS: Puluhan Murid SD di Bandung Barat Keracunan, Diduga Akibat Jajan Minuman Yogurt"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com