Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Pindah ke BIJB Kertajati, Bandara Husein Tak Ditutup

Kompas.com - 19/10/2023, 18:41 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Mulai 29 Oktober 2023, penerbangan komersil dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Meski dialihkan, Bandara Husein Satranegara tidak akan ditutup.

Hal ini dipastikan oleh Executive General Manager Bandar Husein Sastranegara, Indra Crisna Seputra.

Dia mengatakan, setelah 29 Oktober 2023 Bandara Husein Sastranegara masih melayani penerbangan untuk masyarakat.

Baca juga: Penerbangan dari Bandara Husein Pindah ke Kertajati, Peluang Bagi Pariwisata di Cirebon

"Masih ada penerbangan untuk melayani penerbangan ATR propeller (baling-baling). Maskapai Wings Air sudah mengajukan izin rute kepada Danlanud dan kami," katanya saat dihubungi, Kamis (19/10/2023).

Penerbangan menggunakan pesawat baling-baling dari Bandara Husein Sastranegara setelah 29 Oktober 2023 hanya melayani rute Bandung-Yogyakarta saja.

"Hanya Wings Air destinasi Yogyakarta. Jadwalnya jam 7 pagi itu saja yang masih beroperasi nanti," tambah Indra.

Indra menerangkan, pihaknya akan mengahdirkan berbagai inovasi agar bandara di tengah Kota Bandung ini tetap bertahan. Namun, detail inovasi tersebut belum bisa diumumkan saat ini.

"Kami akan ada inovasi lainnya nanti diluar penerbangan. Kami akan pergunakan aset kami yang ada dan berkoordinasi dengan Danlanud bahwa masih akan ada kehidupan dan keramaian nantinya," katanya.

Dia menambahkan, pesawat baling-baling bisa mengangkut hingga 70 penumpang dalam satu kali penerbangan.

Dia pun berharap Bandara Husein Sastanegara masih tetap ramai penumpang meski sebagian besar rute penerbangannya sudah dialihkan ke BIJB Kertajati.

"Kami harapkan, katakanlah 80 persen atau 60 orang masih ada ada targetnya. Kami berharap dari maskapai lain juga ada. Karena historinya kami 2019 di Surabaya sehari 8 kali penerbangan dan ada ke Halim 5 kali. Kami harap itu kembali lagi seperti tahun 2019. Demandnya cukup bagus," pungkas Indra.

Baca juga: Penerbangan Citilink di Bandara Husein Pindah ke Kertajati Mulai 29 Oktober, Simak Jadwalnya

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, kesiapan BIJB Kertajati jelang operasional penuh pada akhir Oktober 2023 nanti sudah semakin bagus.

"Saya minta Dirut BIJB untuk segara mempersiapkan tenant-tenant karena pasti masyarakat akan hadir disini. Saya optimis masyarakat Jabar menyambut baik kehadiran Kertajati," ucapnya.

Ada tujuh rute penerbangan pesawat jet di BIJB Kertajati yakni Bali, Balikpapan, Palembang, Banjarmasin, Batam, Makassar, dan Medan. Lalu, untuk maskapainya yaitu AirAsia, Super Air Jet hingga Citilink yang beroperasi setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com