Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Lebat dan Angin Kencang Merusak 9 Rumah di Situbondo

Kompas.com - 28/12/2023, 06:39 WIB
Ridho Abdullah Akbar,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SITUBONDO, KOMPAS.com - Sebanyak 9 rumah milik warga Dusun Glindung, Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang dan hujan lebat pada Rabu (27/12/2023).

Koordinator Pusdalop BPBD Situbondo Puriyono menyatakan, bencana tersebut menyebabkan kerugian materi puluhan juta rupiah.

"Sebanyak 9 rumah mengalami kerusakan akibat peristiwa alam tersebut," kata Puriyono, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: Sejumlah Pohon di kota Bandung Tumbang Usai Diterjang Hujan dan Angin Kencang

Pihak BPBD Situbondo merinci kerusakan akibat angin kencang dan hujan lebat itu antara lain satu rumah rusak berat, lima rusak ringan dan tiga rumah rusak sedang.

Hujan dan angin kencang tersebut dimulai sejak pukul 13.00 WIB. Sekitar 20 menit angin dan hujan berlangsung, beberapa atap rumah warga beterbangan akibat terbawa angin kencang.

"Selain merusak atap rumah warga, angin juga menumbangkan pohon lalu menimpa rumah warga namun tidak ada korban jiwa," katanya.

Tiga rumah yang tertimpa pohon antara lain milik Endar (55) rusak berat, Misyami (63) rusak sedang, dan rumah Puana (53) rusak sedang.

Baca juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Toraja, 1 Warga Meninggal Tertimpa Pohon

"Secara keseluruhan ada 3 rumah akibat hujan derat dan angin kencang yang rumahnya tertimpa pohon, 6 rumah lainnya hanya atap rumahnya yang rusak terbawa angin dan total kerugian keseluruhan mencapai Rp 27,5 juta," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com