Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Layang di Kota Bandung Ditutup pada Malam Pergantian Tahun

Kompas.com - 28/12/2023, 14:37 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Sejumlah flyover atau jalan layang di Kota Bandung, Jawa Barat akan ditutup selama malam pergantian tahun 2023 ke 2024. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Diketahui, Kota Bandung memiliki empat flyover yakni Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja (Pasopati), flyover Jalan Jakarta (Pelangi), flyover Jalan Gatot Soebroto dan flyover Jalan Leuwipanjang (Kopo).

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, penutupan tersebut guna mencegah penumpukan massa yang bisa menyebabkan kemacetan di atas flyover selama malam pergantian tahun baru.

"Mohon di Bandung masyarakat memperhatikan flyover-flyover seperti misalnya Pasopati akan ditutup untuk tahun baru," ujarnya di Kota Bandung, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: Wajah Baru Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Hasil Revitalisasi Diharapkan Jadi Tempat Berlibur Warga Bandung

Dia menerangkan, penutupan tersebut juga mencegah terjadi pelemparan barang dari atas flyover oleh oknum yang tak bertanggung jawab sehingga membayakan pengendara di bawahnya.

"Karena masyarakat senang waktu tahun baru bisa melempar barang (ke bawah)," kata Bey.

Lebih lanjut, Bey mengaku akan berkoordinasi dengan Kota Bandung untuk menyosialisasikan ke masyarakat jalan mana saja yang akan ditutup. Diprediksi, pada malam pergantian tahun baru Kota Bandung diserbu wisatawan luar kota.

"Dikhawatirkan ada penumpukan, masyarakat seneng karena di atas lihat kembang api dan segala macam dan dikhawatirkan akan ada kemacetan baru," terang Bey.

PJ Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengaku, akan berkoordinasi dengan instansi terkait perihal rencana penutupan sejumlah flyover.

Baca juga: Sejumlah Pohon di kota Bandung Tumbang Usai Diterjang Hujan dan Angin Kencang

Pada saat pelaksanaan nanti, dia menambahkan apakah akan ditutup selama malam pergantian tahun atau perjam. Keputusan tersebut dipertimbangkan melihat situasi dan kondisi nanti.

"Kalau nanti ditutup apakah akan permanen selama malam tahun baru atau perjam. Jadi kami akan komunikasikan dahulu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com