Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Gempa Sumedang: 138 Rumah Rusak, Tiga Orang Luka

Kompas.com - 01/01/2024, 10:40 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) mencatat gempa bumi magnitudo 4,8 yang terjadi di Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12/2023) malam, menyebabkan ratusan rumah rusak.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Hadi Rahmat mengatakan, hingga Senin (1/1/2024) pukul 00.00 WIB, bangunan rumah yang rusak akibat gempa tersebut mencapai 138 unit.

"Rumah rusak 138 unit, satu fasilitas kesehatan dan empat fasilitas pendidikan," katanya saat dihubungi, Senin (1/1/2024).

Baca juga: Gempa di Sumedang Mirip Gempa Cianjur, BMKG Sebut Dipicu Sesar yang Belum Teridentifikasi

Selain di Sumedang, dua unit bangunan di Kabupaten Bandung mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi pada malam pergantian tahun baru 2024 itu.

"Satu rumah terdampak dan satu fasilitas kesehatan," tambah Hadi.

Dia mengungkapkan, untuk jumlah korban luka hingga saat ini sebanyak tiga orang. Para korban mengalami luka ringan dan sudah ditangani petugas medis.

"Untuk sementara masyarakat melakukan pengungsian mandiri. Untuk pendataan kerusakan masih terus di upayakan," kata Hadi.

Hadi mengatakan, gempa magnitudo 4,8 tersebut tidak hanya dirasakan di wilayah Sumedang saja tapi juga diKabupaten dan Kota Bandung.

Adapun sebanyak delapan kecamatan di Sumedang terdampak akibat gempa tersebut. Sedangkan di Kabupaten Bandung hanya dua kecamatan saja.

"Kemacatan di Sumedang yakni Sumedang Utara, Sumedang Selatan, Tanjungmedar, Tanjungkerta, Jatinangor, Pamulihan, Rancakalong dan Surian," tuturnya.

"Di Kabupaten Bandung yakni Kecamatan Arjasari dan Cicalengka," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com