Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Suara Terakhir Korban Kebakaran New Orange untuk Sahabatnya...

Kompas.com - 16/01/2024, 19:11 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - "Yang ada di bawah, tolong! Ya Allah tolong!" teriakan minta tolong Ika Nurhayati (26) korban kebakaran New Orange, Tegal, Jawa Tengah, terdengar melalui pesan suara yang diputar ulang oleh Fatimah (26) teman dekatnya.

Fatimah menghela nafas beberapa detik, air matanya berkaca-kaca seakan ia tak bisa menutupi kesedihan saat mendengar suara Ika yang panik bukan kepalang ketika api mengepungnya di dalam sebuah kamar petak.

Rekaman suara itu, adalah suara terakhir Ika yang terdengar sebelum ia dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit sesaat setelah dievakuasi dari tragedi kebakaran yang terjadi Senin (15/1/2024) pagi.

"Pesan terakhirnya ini dikirim ke teman kerjanya saat kejadian sekitar jam 9.00 WIB pagi. Setelah itu handphonenya mati enggak ada kabar lagi," ujar Fatimah saat ditemui di rumah duka, Padalarang, Bandung Barat, Selasa (16/1/2024).

Baca juga: Pesan WA LC Korban Kebakaran Karaoke Orange: Tolong, Ya Allah...

Ika dengan sengaja mengirim pesan suara via Whatsapp kepada rekan kerjanya untuk mendapat pertolongan. Namun api semakin mengamuk mengurung Ika yang saat itu berada di kamarnya.

Gedung karaoke tempat Ika bekerja memiliki sedikit ventilasi udara, akibatnya para penghuni yang terjebak di dalamnya sulit mengevakuasi diri. Hingga petugas pemadam kebakaran datang, satu per satu pekerja dievakuasi pelan-pelan.

Sementara Ika berhasil dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit dengan kondisi mengkhawatirkan, ia mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuhnya dan sesak napas akibat banyak menghirup asap.

Petugas gabungan masih berusaha mengevakuasi karyawan Karaoke Orange yang terjebak di dalamnya akibat kebakaran, di Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024)KOMPAS.COM/TRESNO SETIADI Petugas gabungan masih berusaha mengevakuasi karyawan Karaoke Orange yang terjebak di dalamnya akibat kebakaran, di Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024)

Kabar duka itu pertama kali sampai kepada kekasih Ika di Padalarang, Bandung Barat. Ia lantas menyampaikan kepada Fatimah bahwa Ika menjadi satu dari enam korban kebakaran gedung Karaoke New Orange di Tegal.

"Saya baru dapat kabar jam 13.30 WIB. Kemudian saya memastikan lagi ke tempat kerjanya (New Orange). Enggak lama sekitar jam 15.00 WIB, HRD-nya nelpon ke saya bahwa Ika Nurhayati sudah enggak ada (meninggal dunia)," tutur Fatimah.

Baca juga: Soal Kebakaran Tempat Karaoke New Orange di Tegal, Gedung Tak Miliki Sertifikat Layak Fungsi dan Juga IMB

Ika tercatat sebagai korban yang paling terakhir dievaluasi petugas, ia terjebak di dalam sebuah kamar. Petugas berhasil memboyong tubuh Ika setelah menghancurkan tembok dan membongkar lemari yang mengurungnya.

"Ika dievakuasi paling terakhir, karena memang Ika ketimbun tumpukan lemari sama puing-puing bangunan bekas menghancurkan tembok," kata Fatimah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com