Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

59.807 Penumpang Padati Libur Panjang di Stasiun Daop 3 Cirebon

Kompas.com - 12/03/2024, 16:59 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Selama libur panjang Nyepi serta cuti bersama hari pertama Ramadhan 1445 Hijriyah, sebanyak 59.807 penumpang naik dan turun di sejumlah stasiun Daop 3 Cirebon

Mereka menikmati masa libur panjang lima hari ini untuk berlibur serta menemui keluarga di kampung halaman masing-masing.

Pantauan Kompas.com di Stasiun Cirebon, sejumlah penumpang memadati area tunggu. Penumpang silih berganti datang untuk melakukan pencetakan tiket.

Baca juga: Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, Simbol Kesetaraan Antar-Sesama

 

Sebagian dari mereka menuju boarding pass untuk scan barcode lalu menaiki kereta api Argo Cirebon.

Sharachena Chairani, salah seorang penumpang Argo Cirebon, mudik dari Jakarta menuju Cirebon sejak Kamis (7/3/2024). Dia menikmati libur panjang selama lima hari di rumah.

Pekerja swasta di salah satu perusahaan di Ibukota Jakarta ini memanfaatkan waktu libur panjang untuk melaksanakan tradisi sungkeman terhadap keluarga dan menikmati hari pertama puasa.

Baca juga: Ungkap Syukur Pedagang Ayam Cirebon di Puasa Hari Pertama

"Mudiknya kemarin hari Kamis, mumpung libur panjang, jarang dapat momen ini, kumpul keluarga dan alhamdulillah tadi sahur bareng keluarga dan buka puasa di Jakarta," kata Sharachena saat ditemui Kompas.com di stasiun.

Momen ini, jarang dia temukan lantaran tidak dapat pulang bila waktu libur hanya satu dua hari.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rohmat Makin Zaenul menyampaikan, peningkatan jumlah penumpang kereta api terjadi pada Selasa (12/3/2024) siang. Seluruh rangka kereta api yang menuju ibukota Jakarta, penuh, habis terjual.

"Hari ini saja lebih dari 7.000 penumpang kembali ke Ibukota Jakarta, sebagian kecil ke Surabaya, Jember, atau wilayah Jawa Timur. Hari ini puncak arus baliknya," kata Rohmat saat ditemui Kompas.com.

Puncak arus balik libur panjang yang berjumlah 7.000 penumpang ini meningkat tiga hingga empat kali lipat dibanding hari biasa sekitar 2.000 penumpang.

Begitupun saat arus mudik pada Jumat (8/3/2024) kemarin, yang berjumlah 7.368 penumpang.

"Selama libur panjang akhir pekan ini, ada 29.702 penumpang yang naik, dan 30.105 penumpang yang turun, sehingga total ada 59.807 penumpang yang naik dan turun selama libur panjang ini," tambah Makin.

Berdasarkan pesanan, hari ini jumlah terbanyak lantaran besok, Rabu (13/3/2024) seluruh instansi pemerintah dan swasta sudah kembali berkerja seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com