Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Limbangan, Rumah Makan Tahu Sumedang Ludes Dilalap Api

Kompas.com - 08/08/2022, 08:21 WIB
Ari Maulana Karang,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

GARUT, Kompas.com - Rumah makan tahu Sumedang yang ada di ruas jalan nasional Bandung-Tasikmalaya, tepatnya di Desa Cigagade, Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat, terbakar, Minggu (7/8/2022).

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut, Guriansyah mengatakan, petugas menerima laporan kejadian tersebut sekitar pukul 22.52 WIB. Api dapat dipadamkan pada pukul 02.10 WIB.

Baca juga: Kebakaran Lahap Rumah dan Kandang Warga Lumajang, 10 Ekor Kambing Ludes

"Petugas yang turun ke lapangan dari UPT Dinas Pemadam Kebakaran Limbangan yang datang ke lokasi 7 menit setelah menerima laporan," jelas Guriansyah lewat pesan singkat, Senin (8/8/2022).

Baca juga: 5 Fakta Kebakaran Rumah Sakit Jiwa Solo, Terjadi Dini Hari, 2 Pasien Titipan Tewas

Adapun obyek yang terbakar adalah rumah makan tahu Sumedang berukuran 40 x 20 meter. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 700 juta. 

Terkait penyebab kebakaran, dari keterangan pegawai rumah makan tersebut, api awalnya berasal dari tungku penggorengan tahu yang lupa dimatikan hingga api merembet ke dinding bangunan yang terbuat dari bilik bambu.

Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini.

Proses pemadaman yang memakan waktu hingga tiga jam lebih tersebut, dilakukan petugas dengan menurunkan lima unit kendaraan pemadam kebakaran yang ada di UPT Dinas Pemadam Kebakaran Kecamatan Limbangan, Malangbong, Leles, dan Mako Disdamkar dengan dibantu jajaran Muspika dan masyarakat setempat.

Dihubungi terpisah, Arul warga Kecamatan Limbangan menyampaikan, akibat kebakaran tersebut, bangunan rumah makan tersebut saat ini rata dengan tanah.

Hingga Senin pagi, Warga tampak masih berkumpul melihat lokasi kebakaran.

"Bangunannya habis, rata dengan tanah. Pagi ini warga masih berkerumun di lokasi kejadian," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com