Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pelajar di Lembang yang Konsumsi Ganja Sintetis Direhabilitasi, Tak Dikeluarkan dari Sekolah

Kompas.com - 20/03/2023, 20:04 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sejumlah pelajar di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, menjalani rehabilitas usai kedapatan mengkonsumsi narkotika jenis ganja sintetis atau sinte.

Sedikitnya ada 8 pelajar aktif yang masih duduk di bangku kelas XI dan XII yang terkonfirmasi positif mengisap sinte setelah menjalani tes urin di Satres Narkoba Polres Cimahi.

Selain delapan pelajar aktif SMAN 1 Lembang, tercatat ada 9 alumni dan puluhan pelajar asal Lembang yang juga terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran ganja sintetis.

Baca juga: SMAN 1 Lembang: Pelajar Aktif yang Ditangkap karena Isap Sinte Hanya 8 Orang

Kaur Mintu Satuan Reserse Narkoba Polres Cimahi Bripka Solih Rudiana menyebutkan, delapan pelajar yang sempat diamankan Satres Narkoba ini masuk dalam kategori korban penyalahgunaan narkotika jenis ganja sintetis.

"SMAN 1 Lembang yang terlibat hanya delapan orang dan itu sudah kita lakukan proses rehabilitasi. Setelah dilakukan asesmen dari panti rehab itu sendiri masuknya kategori korban penyalahgunaan," ungkap Solih di SMAN 1 Lembang, Senin (20/3/2023).

Kedelapan pelajar ini terjaring operasi dari hasil pengembangan kasus peredaran narkoba di wilayah Lembang.

Polisi mulanya menangkap seorang pengedar, dari seorang pengedar itu kemudian berkembang dan mengarah pada sejumlah pelajar yang terbukti mengonsumsi ganja sintetis.

Baca juga: Terbukti Isap Tembakau Sinte, Puluhan Pelajar SMAN 1 Lembang Ditangkap Polisi

"Memang diawali dengan adanya penangkapan pengendar atau yang sering disebut kuda. Kudanya kita tangkap, kemudian setelah kita tangkap kita kembangkan kasusnya," kata Solih.

"Dari kuda itu baik dari atas meupun ke bawah. Kemudian setelah kita kembangkan, sampailah pada pelajar yang aktif di sekolah yakni sekolah SMA Negeri 1 Lembang," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com