Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga 27 Kabupaten Kota di Jabar Kumpulkan 1,4 Juta Rantang Makanan untuk Masyarakat Tak Mampu

Kompas.com - 17/04/2023, 11:37 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Bulan Berbagi on The Street (Bubos) kembali digelar tahun ini. Jumlah makanan yang dibagikan mencapai 1,4 juta rantang.

Jutaan rantang tersebut berasal dari warga mampu di 27 kota/kabupaten se-Jabar. Mereka mengumpulkan makanan tersebut untuk dibagikan kepada warga kurang mampu.

"Hari ini rekor tercapai 1,4 juta rantang dibagikan dari mereka yang mampu kepada yang tidak mampu di 27 kabupaten/kota," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam acara Bubos 7, belum lama ini.

Baca juga: Yana Mulyana Ditangkap KPK, Respons Ridwan Kamil hingga soal Kode Musang King dan Everybody Happy

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, daerah yang paling banyak menyalurkan rantang adalah Kabupaten Subang mencapai 160.000.

Tak hanya di Jabar, Bubos yang kali ini mengangkat tema 'Bertasbih atau berbagi Cinta, Berkah dan Kasih' juga digelar warga Jabar di Lampung dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Begitu pun dengan diaspora Sunda di Jepang dan Australia, menggelar hal serupa.

Berbeda dengan Bubos tahun sebelumnya, Bubos 7 menitikberatkan konsep berbagi sesama, tidak ada acara buka puasa bersama. Hal ini sesuai arahan Presiden Jokowi.

Baca juga: Ketua DPW PKB Jabar Umumkan Dirinya Calon Gubernur Jawa Barat 2024

Dalam Bubos tersebut digelar pula Bazaar Ramadhan bank bjb. Mereka menghadirkan berbagai tenant UMKM lokal dari fesyen hingga kuliner.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kegiatan Bubos di Gedung Sate, Bandung.Dok BANK BJB Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kegiatan Bubos di Gedung Sate, Bandung.

Tenant-tenant tersebut ramai dikunjungi pembeli. Mereka antusias membelanjakan uangnya untuk mendapatkan produk UMKM berkualitas.

Kegiatan ini pun dimeriahkan musisi Armand Maulana, Aska Rocket Rockers, Kabaret Haji Geyot, Sweet Java Dancer, hingga Ghea the Unplugged.

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari mengungkapkan, Bazaar Ramadhan tahun ini digelar salah satunya untuk mendukung kemajuan bisnis UMKM, khususnya di Jabar.

"Kami juga mengajak masyarakat berdiskusi seputar bisnis UMKM melalui sesi 'Bincang Jumat UMKM' sebagai dukungan perusahaan terhadap kemajuan ekonomi UMKM di Jawa Barat," ungkap Nancy.

Selain itu diberikan subsidi 5 jenis kebutuhan pokok meliputi beras, gula, tepung terigu, telur, dan ayam broiler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com