Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pulangkan Bonek yang Nekat Datang ke Bandung Jelang Persib Vs Persebaya

Kompas.com - 20/04/2024, 18:31 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah pendukung klub sepak bola Persebaya Surabaya yang dikenal dengan sebutan Bonek dipulangkan dari Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), pada Sabtu (20/4/2024).

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, polisi berhasil mengamankan para Bonek yang nekat datang ke Bandung.

Pengamanan itu dilakukan usai pihaknya melakukan penyisiran di kawasan stadion. Kemudian, lanjut Kusworo, para Bonek itu pun dipulangkan menggunakan tiga unit bus.

"Tadi pagi kami sudah mendeteksi ada sekitar ratusan Bonek yang ada di seputar Si Jalak Harupat, akhirnya kami berikan pengertian dan imbauan, dan kami berikan fasilitas kendaraan untuk pulang ke Surabaya," kata Kusworo, dikutip dari TribunJabar.com.

Baca juga: Cerita Warga yang Dusunnya Terisolasi akibat Banjir Lahar Semeru

Dia menyampaikan, polisi terus melakukan patroli dan penyekatan di sejumlah titik hingga pertandingan Persib vs Persebaya berakhir.

"Sampai saat ini kami terus melakukan penyekatan agar suporter tim tamu kali ini, Bonek, tidak bisa mendekati Stadion Si Jalak Harupat," ujar Kusworo.

Tindakan ini, jelasnya, telah sesuai dengan aturan yang menyebut bahwa pertandingan Persib vs Persebaya hanya boleh dihadiri oleh Bobotoh, sebutan bagi pendukung Persib Bandung.

Baca juga: Jadi Tersangka Kasus Pemalsuan Surat Tanah, PJ Walikota Tanjungpinang Belum Diperiksa

"Berdasarkan peraturan PSSI bahwa pada pertandingan Liga 1, suporter tim tamu tidak diperkenankan untuk datang menyaksikan laga di stadion," ucap Kusworo.

"Ini juga sudah kami sampaikan pada rakor (rapat koordinasi) kepada perwakilan Bonek dan Persebaya, sudah diinformasikan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Berkeliaran di Sekitar Si Jalak Harupat, Bonek Dipulangkan Polisi Jelang Laga Persib vs Persebaya"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com