Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ABK Tewas di Kapal Cirebon Bertambah Jadi 3, Kondisi Kapal Diselidiki

Kompas.com - 24/04/2024, 12:58 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

CIREBON, KOMPAS.com - Jumlah ABK yang ditemukan terkapar di Palka bagian buritan Kapal Aji Citra Samodra, di Pelabuhan Kejawanan, Kota Cirebon, Jawa Barat, bertambah. Polisi menemukan satu ABK lagi yang meninggal dunia. Korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Pelabuhan.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Cirebon (KPC) AKP Muhyiddin, menyampaikan, usai mengevakuasi tiga orang ABK pada laporan pertama, petugas bersama para nelayan masih berada di lokasi.

Mereka mendapatkan kabar adanya nelayan yang sempat membantu proses pencarian, namun hilang.

Baca juga: 2 ABK di Cirebon Ditemukan Tewas di Palka Kapal, 1 Orang Lainnya Kritis

Rekan-rekan nelayan dari kapal lain, berusaha mencari keberadaan korban dengan menghubungi ponselnya, namun tidak tersambung. Nelayan juga mencari korban ke tempat tinggal kontrakannya, namun tak ditemukan.

Akhirnya, mereka kembali mencari ke ruang Palka. Ternyata korban ditemukan sudah dalam kondisi terkapar di dasar Palka bagian buritan.

"Sehingga total korban 4 orang, 3 orang meninggal dunia, satu orang kritis. Laporan dan penemuan awal, yang meninggal dunia 2 orang, dan satu orang kritis," kata Muhyiddin saat ditemui Kompas.com di kantor KPC, Rabu (24/4/2024) siang.

Baca juga: Kapal White Pearl Tenggelam di Labuan Bajo, Wisatawan dan ABK Selamat

Satu korban terakhir yang ditemukan bernama Hamlan, warga Langkat, Sumatera. Polisi sudah menghubungi pihak keluarga untuk menjemput jasad HA di Rumah Sakit Pelabuhan.

Sementara dua jasad korban lainnya, bernama Dayono alias Syam, warga Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Kemudian Asep, warga Dukupuntang, Cirebon. Jasad keduanya sudah dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan.

Muhyiddin mengungkapkan, satu korban yang ditemukan kritis bernama Adil. Ia masih berada di ruang ICU RS Pelabuhan Cirebon, sehingga belum bisa dimintai keterangan. 

Terkait penanganan kasus serta penyelidikan, kata Muhyiddin, masih didalami Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota. Mereka juga masih memeriksa sejumlah saksi dari nelayan sekitar.

Sebelumnya diberitakan, dua orang anak buah kapal (ABK) di kawasan Pelabuhan Kejawanan, Kota Cirebon, Jawa Barat, ditemukan tewas pada Selasa (23/4/2024) siang. Satu ABK lainnya dinyatakan kritis.

Ketiganya ditemukan di dalam Palka BBM jenis solar Kapal Aji Citra Samodra. Penemuan tiga orang korban ini berawal dari kecurigaan nelayan sekitar yang melihat satu ABK tergeletak di bagian geladak kapal Aji Citra Samodra GT.97.

Kapal laut dengan nomor 2080 DA 1993 KA sedang bersandar di pelabuhan dari aktivitas pencarian ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com