Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2022, 20:31 WIB
Putra Prima Perdana,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Berpatokan pada hasil survei Kementrian Perhubungan RI, arus mudik yang akan terjadi pada libur Lebaran 2022 tahun ini diprediksi meningkat.

Dinas Perhubungan Jawa Barat pun sejak dini melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar pemudik nantinya bisa lebih mempersiapkan diri.

"Kenapa ini harus disampaikan di awal karena persiapan belum matang dengan asumsi angkutan arus lebaran akan meningkat. Setelah dua tahun tertunda, masyarakat melakukan mudik, tahun ini diperkirakan meningkat sesuai hasil survei kementrian perhubungan," kata Kepala Dishub Jabar, Koswara, di Kantor Dishub Jabar, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Mudik, Ini Kata Dishub Jabar

Koswara mengatakan, Kementrian Perhubungan memprediksi 22 persen penduduk Indonesia akan melaksanakan mudik lebaran 2022.

Untuk itu, Dishub Jabar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kota di Jawa Barat akan membuat 143 posko pengamanan dan pengawasan di seluruh jalur mudik lebaran dengan melibatkan tidak kurang dari 4.000 orang personel.

"Hasil survey Kemenhub prediksinya seluruh indonesia 55 juta orang melaksanakan mudik. Posko Provinsi ada 18, posko Kabupaten Kota ada 125 posko. Itu perkiraan yang akan dibuat untuk kebutuhan," ucap Koswara.

Selain itu, Dishub Jabar akan melakukan kajian-kajian untuk menunjang strategi-strategi yang bisa diterapkan di lapangan.

"Strategi pertama adalah tentang keselamatan angkutan, bagaimana angkutan umum dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan menggunakam angkutan umum," jelasnya.

Kedua, lanjut Koswara, adalah mencari strategi keselamatan berlalu lintas bersama jajaran Polda Jabar dan Pemda Kabupaten Kota.

"Kita merancang bagaimana berlalu lintas waktu mudik aman lancar," ucapnya.

Baca juga: Jokowi Perbolehkan Mudik, Ini Respons Kemenhub

Koswara menambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak akan memfasilitasi kegiatan mudik gratis tahun ini.

Namun demikian, pihaknya akan memfasilitasi perusahaan perusahaan di Jawa Barat yang berencana menyediakan mudik gratis untuk karyawannya.

"Akan kita coba bersama dengan sektor lain seperti kawasan industri, pabrik-pabrik yang akan menyelengarakan mudik gratis akan kita bantu supaya mudik bisa nyaman," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com