Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Tasikmalaya Sebut Pemudik Bakal Penuhi Wilayahnya, 2 Polres Siaga Penuh

Kompas.com - 24/04/2022, 12:24 WIB
Irwan Nugraha,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com- Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto memastikan kesiapan petugas untuk mengawasi arus mudik Lebaran sudah maksimal.

Terutama rencana rekayasa lalu lintas mengurai kemacetan oleh polisi yang mengamankan jalur Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, oleh dua lembaga Polres sekaligus.

Polres Kota (Polresta) Tasikmalaya akan bertugas mengamankan jalur rawan macet langganan tahunan musim mudik jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya sampai perbatasan Ciamis.

Baca juga: RSUD Soekardjo Tasikmalaya Rugi Ratusan Juta Gara-gara Perjanjian Kerja Sama Kedaluwarsa, Wali Kota: Pantesan Kebanjiran Terus...

Sedangkan Polres Tasikmalaya akan mengamankan arus mudik jalur alternatif Selatan Jawa mulai perbatasan Garut Kota, Singaparna, Sukaraja, Cipatujah sampai Cikalong perbatasan Pangandaran.

Kedua Polres tersebut selama ini memiliki wilayah hukum di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Polres Tasikmalaya teritorial hukumnya memcakup semua wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Sedangkan, Polresta Tasikmalaya selain seluruh wilayah Kota Tasikmalaya juga ada belasan kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya yang masuk teritorial hukumnya selama ini.

"Mungkin masalah mudik ini kan sudah dua tahun lebih (dilarang pemerintah saat pandemi) dan (tahun ini) keran ini dibuka. Tentu, saya harapkan kesiapan dari pengatur polisi supaya berjalan dengan lancar, karena kami bukan hanya daerah tujuan, tapi terlewati pemudik," jelas Ade kepada Kompas.com saat dihubungi, Minggu (24/4/2022).

Baca juga: Masih Dilanda Cuaca Ekstrem, Basarnas Lampung Siagakan Kapal Evakuasi di Selat Sunda Selama Arus Mudik

Ade menambahkan, adanya prediksi kepadatan di seluruh jalur arteri semua wilayah terlewati mudik termasuk Tasikmalaya tidak akan terelakan lagi.

Terlebih lagi, jalur Gentong di wilayahnya merupakan titik rawan langganan kemacetan saat musim mudik atau balik Lebaran.

"Kita akan ikuti terutama teman-teman dari pihak Polres (Kota Tasikmalaya) yang merekayasa, kita Pemkab (Tasikmalaya) akan terus support untuk rencana rekayasa lalin (lalu lintas) mereka," tambah dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com