Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maestro Dalang Wayang Golek Tjetjep Suprijadi Tutup Usia

Kompas.com - 09/04/2023, 15:54 WIB
Farida Farhan,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Maestro dalang wayang golek dari Karawang, Jawa Barat, R.H.Tjetjep Suprijadi tutup usia. Kabar wafatnya Tjetjep dibenarkan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Nagasari, Suprianto.

Tjejtep wafat pada Minggu (9/4/2023) sekitar pukul 05.20 WIB dalam usia 92 tahun. Tjetjep dikebumikan di pemakaman keluarga di Dusun Pasircabe, Majalaya, Karawang.

"Almarhum sudah sakit sejak lama. Namun ingatannya masih bagus. Saya terakhir bertemu tiga tahun lalu. Beliau sudah menggunakan kursi roda," kata Suprianto di rumah duka, RT 001, RW 025, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat.

Baca juga: Menantu Wapres Maruf Amin Meninggal Dunia di Makassar Saat Kunjungi Dapil, Diduga Serangan Jantung

Semasa hidup, kata Suprianto, selain sebagai maestro dalang, Tjetjep berkarir sebagai guru SD sejak tahun 1954 sampai 1963. Ia juga pernah menjadi Ketua Kwarcab Pramuka dan Anggota DPRD Karawang dari Partai Golkar saat Orde Baru.

Kepala Sub Koordinasi Pengembangan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, Neni Martini  mengatakan, Tjetjep Suprijadi merupakan dalang masyhur di era tahun 1970-an.

Tjejep banyak menciptakan kisah-kisah baru wayang golek. Salah satu yang populer yakni Nurkala Kalidasa. Kisah ini selalu ia bawakan saat mendalang. Kisah Nurkala Kalidasa bahkan telah diabadikan dalam rekaman berbentuk kaset pita. Kini, masyarakat dapat menyaksikan kisah itu pada kanal YouTube.

Almarhum Tjetjep Suprijadi di lahir lahir tahun 1931 dengan nama asli Tjetje. Ia menambahkan Suprijadi sebagai nama belakang atas dasar kekagumannya terhadap pahlawan PETA, Suprijadi.

Tjetjep mengenyam pendidikan di SGB Purwakarta dan menjadi guru. Saat menjadi guru, Tjetjep mulai tertarik terhadap dunia pewayangan.

Dia kemudian menggali sastra Jawa Kuno untuk meningkatkan mutu sastra bahasa. Terutama untuk antawecana dan kasih. Tjetjep juga dikenal sebagai dalang yang memegang teguh pakem dan paugeran pedalangan yang baku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com