Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cisumdawu Urai Arus Mudik Lebaran 2023, Gratis tapi Waspada Kabut

Kompas.com - 13/04/2023, 14:35 WIB
Aam Aminullah

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com - Menjelang mudik Lebaran 2023, Tol Cisumdawu akan dioperasionalkan mulai dari Cileunyi, Bandung, hingga Majalengka, Jawa Barat, dan tersambung dengan Tol Cipali.

Saat ini, ruas jalan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) yang telah beroperasi secara penuh dan berbayar meliputi Seksi 1 (Cileunyi) hingga Seksi 3 (Cimalaka).

Adapun untuk Seksi 4 (Conggeang) hingga Seksi 6 (Dawuan, Majalengka) belum dibuka karena pembangunannya belum rampung 100 persen.

Baca juga: Tol Cisumdawu Dibuka, Dishub Jabar: Cimalaka-Cipali Berlaku Jam Khusus

Direktur Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Medi Suarso mengatakan, Tol Cisumdawu akan mulai dibuka secara keseluruhan dari Cileunyi hingga Dawuan mulai 15 April 2023.

Tol Cisumdawu akan kembali ditutup pada 26 April 2023 untuk sementara waktu, sebelum nantinya beroperasi secara penuh.

"Untuk 15-26 April itu, operasionalnya baru sebatas fungsional, yaitu membuka dengan keterbatasan. Jadi perlu dicatat, nanti itu belum beroperasi secara penuh," ujar Bagus kepada Kompas.com di kantor CKJT samping Gerbang Tol Sumedang Kota, Kamis (13/4/2023) siang.

Bagus menuturkan, tujuan dibukanya Tol Cisumdawu, yaitu untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas ketika mudik Lebaran. Terutama, jika Tol Cipali padat, Tol Cisumdawu berfungsi sebagai pengurai.

Bagus menyebutkan, untuk ruas jalan tol yang saat ini sudah beroperasi dan bertarif dari Cileunyi, Bandung, hingga Cimalaka, Sumedang, teknisnya akan berjalan sama.

Baca juga: Tol Cisumdawu Km 186-216 Hanya Dapat Diakses Pemudik hingga Pukul 3 Sore

Namun, untuk ruas tol yang baru akan dibuka secara fungsional dari Seksi 4 (Gerbang Cimalaka) hingga Seksi 6 (Majalengka/Tol Cipali) akan diberlakukan sistem one way atau satu arah.

"Jadi, dari Cimalaka ke arah Cirebon itu, kita buka satu jalur, arah yang mau ke Cirebon saja, ini ada pada jalur A," tutur Bagus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com