Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Muhammadiyah Cianjur Khusyuk Shalat Id di Tengah Guyuran Hujan

Kompas.com - 21/04/2023, 08:38 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Warga Muhammadiyah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, Jumat (21/4/2023) pagi.

Pantauan Kompas.com di komplek Islamic Center Aisyiyah, Jalan dr Muardi Bypass Cianjur, ratusan jemaah tampak khusyuk melaksanakan Shalat Id kendati diguyur hujan.

Baca juga: Kronologi Shalat Id Jemaah Muhammadiyah Ditolak di Salah Satu Masjid Tasikmalaya, Akhirnya Dapat Izin dan Pilih Lokasi Lain...

Hujan yang turun di tengah rakaat shalat tak menyurutkan kekhidmatan jemaah menggenapi rakaat demi rakaat shalat hari raya itu hingga selesai.

Ketua PD Muhammadiyah Cianjur, Saeful Ulum mengatakan pelaksanaan Shalat Id bagi warga Muhammadiyah di Cianjur dilaksanakan di 12 tempat.

Di antaranya Islamic Center Aisyiyah, Perguruan Islam Kreatif Muhammadiyah, Masjid Nur Huda Pasirkuda, dan Masjid Al Falah Cikadu.

Adapun jumlah warga Muhammadiyah di Cianjur, disebutkan Ulum, sebanyak 25.000 orang.

"Hari ini warga Muhammadiyah Cianjur telah menggelar shalat ied, setelah sebulan penuh melaksanakam ibadah puasa," kata Ulum usai shalat ied di Islamic Center Aisyiyah Cianjur, Jumat pagi.

"Alhamdulilah berjalan lancar, meski tadi sempat hujan tapi tidak mengurangi kekhusyukan jemaah," Ulum menambahkan.

Disampaikan Ulum, adanya perbedaan hari lebaran bukan kali pertama, dan kenyataan ini sejatinya menjadi momentum untuk saling menghargai.

"Untuk warga Muhammadiyah yang berlebaran hari ini untuk tetap menghormati yang masih berpuasa. Sikap toleransi tetap dikedepankan," ujar dia.

Ulum berharap, momentum hari raya Idul Fitri bisa semakin memperat tali silaturahmi dan kebersamaan masyarakat dan ummat dalam memajukan Cianjur, terutama untuk kembali bangkit pasca-bencana gempa bumi.

Baca juga: Tak Dapat Tempat untuk Shalat Id, Umat Islam Muhammadiyah Gelar Sajadah di Jalan Pondok Kopi Raya Jaktim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com