Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Lalu Lintas di Puncak Bogor Padat, Personel Polisi Siaga hingga Besok

Kompas.com - 20/05/2023, 20:13 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, menjadi destinasi favorit yang dituju wisatawan lokal maupun luar daerah untuk berlibur di akhir pekan. Tak ayal, pergerakan masyarakat terus meningkat pada libur panjang akhir pekan karena bertepatan libur nasional Kenaikan Isa Almasih.

Kondisi tersebut membuat arus lalu lintas kendaraan mengalami kepadatan di sejumlah titik pada Sabtu (20/5/2023). Terpantau arus kendaraan wisatawan baik roda dua maupun empat terus menyerbu kawasan wisata tersebut.

Jumlah kendaraan yang naik per hari berjumlah sekitar 16.000 unit ke Puncak Bogor

Baca juga: Pakai Google Maps ke Puncak Bogor, Wisatawan Asal Jakarta Tersesat dan Terperosok ke Jalan Berlumpur

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, ada peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan akhir pekan lalu.  Kini, pihaknya telah meningkatkan pengawasan di tempat-tempat wisata sepanjang jalur Puncak. 

"Kawasan Puncak selalu mengalami kepadatan arus lalu lintas saat libur panjang akhir pekan (long weekend). Petugas terus bekerja keras melakukan pengaturan arus lalu lintas dan pengamanan di lokasi-lokasi wisata. Terlebih weekend saat ini," ujar Iman, Sabtu.

Peningkatan pengamanan ini diharapkan mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan berwisata baik melewati jalur Puncak menuju Cianjur ataupun Bandung.

Iman menjelaskan, sejumlah personel disiagakan untuk memberi kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang memasuki kawasan Puncak maupun yang akan mengarah menuju ke Jakarta. Personel gabungan ini akan disiagakan hingga hari libur berakhir atau Minggu (21/5/2023) besok.

"Pengamanan ini dilakukan di lokasi-lokasi yang menjadi tempat tujuan wisata. Sehingga dapat tercipta rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat yang berlibur," ungkapnya.

Iman mengimbau kepada masyarakat supaya mentaati aturan yang berlaku berupa ganjil genap dan sistem one way (satu arah). Kebijakan itu diberlakukan sebagai upaya-upaya menciptakan kondusifitas di wilayah wisata Puncak Bogor

"Tentunya kami pun terus berupaya memberikan pelayan yang terbaik. Maka dari itu taati aturan karena untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan sehingga lalu lintas menjadi tertib dan lancar," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com