Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Warga Tasikmalaya Gotong Royong Sulap Jalan Jadi Lorong Merah Putih 250 Meter...

Kompas.com - 14/08/2023, 11:53 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Jalan Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mendadak viral usai disulap menjadi lorong 250 meter berhiaskan bendera merah putih dan ornamen kemerdekaan HUT RI lainnya. 

Warga Kampung Cibahong RT 19 RW 08 Desa Sukamenak, Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, kompak bahu membahu menghiasi lorong Merah Putih itu dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78. 

Bahkan saat malam hari, lorong tersebut dipercantik dengan kerlap kerlip lampu yang dipasang sepanjang lorong tersebut, sehingga sangat terlihat indah. 

Baca juga: Perjalanan Panjang Penjual Bendera Asal Garut, Seberangi Lautan demi Cari Rezeki

Tokoh masyarakat Kampung Cirahong, Badrudin (54) mengungkapkan, dekorasi itu dibuat berdasarkan hasil musyawarah warga. 

Seluruh warga sepakat ingin sepanjang jalan yang melintasi lingkungan RT-nya disulap menjadi lorong merah putih untuk memeriahkan momentum 17 Agustus 2023.

"Awal mulanya warga bermusyawarah mau bikin apa, kemudian keluar ide untuk membuat lorong merah putih di sini," jelas Badrudin di rumahnya, Minggu (13/8/2023) malam. 

Baca juga: Pria yang Pasang Bendera Merah Putih ke Leher Anjing di Bengkalis Riau Jadi Tersangka

Kain merah dan putih sepanjang 250 meter yang melambangkan bendera Indonesia dibentangkan memanjang di sepanjang jalan tersebut dengan penahan ratusan bambu. 

Untuk membuat lorong ini, warga bergotong royong dua pekan. 

"Di sela-sela pinggir jalan, kami pun membuat ornamen lainnya, seperti Burung Garuda, lukisan sang proklamator Bung Karno dan Bung Hatta, serta menambahkan lampu berwarna-warni di sepanjang lorong tersebut, sehingga suasana terasa lebih meriah ketika malam tiba," ujar dia. 

Lorong Merah Putih sepanjang 250 meter menghiasi Jalan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 terlihat cantik saat malam hari pada Minggu (13/8/2023) malam.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Lorong Merah Putih sepanjang 250 meter menghiasi Jalan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 terlihat cantik saat malam hari pada Minggu (13/8/2023) malam.

Hasil ini pun murni swadaya masyarakat mulai dari tenaga sampai biaya yang dikumpulkan. 

Warga pun bangga saat dekorasi lorong merah putih itu viral di media sosial dan mendapatkan perhatian berbagai pihak. 

"Tak hanya warga yang mengapresiasi dekorasi di Kampung Cibahong sendiri. Bupati Tasikmalaya Ade Sugiato bahkan sampai datang sendiri ke wilayah itu untuk melihat langsung keindahan lorong merah putih yang dibuat warga. Tentu kami bangga," tambah dia. 

Badrudin mengaku dekorasi menyerupai lorong di Kampung Cibahong itu bukan baru kali ini dibuat. 

Warga sudah membuat dekorasi serupa untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada tahun lalu saat jalan masih rusak.

Namun dengan dekorasi meriah, Pemkab Tasikmalaya memberikan sorotan ke Kampung Cibahong dan merespons dengan memperbaiki jalan. 

"Alhamdulillah pemerintah merespons dengan memperbaiki jalan. Sekarang jalan sudah bagus, akhirnya kita buat lebih meriah," ujar dia. 

Salah seorang warga, Nisa (35), mengaku senang dengan keindahan lorong merah putih yang didekorasi warga Kampung Cibahong. 

Dirinya pun mengaku belum pernah melihat dekorasi menyambut peringatan Hari Kemerdekaan yang seperti ini di daerah lainnya. 

"Benar-benar baru sekarang lihat seperti ini. Bagus banget," ujar perempuan asal Kota Tasikmalaya yang sengaja berswafoto di lokasi itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com