Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gelar Pra-rekonstruksi Kasus Subang, Danu Tunjukkan Tempat Tuti dan Amalia Dibunuh

Kompas.com - 20/10/2023, 05:53 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Penyidik dari Direktorat Kriminal Umum Polda Jabar menggelar pra-rekonstruksi kasus pembunuhan ibu dan anak di Kabupaten Subang pada Kamis (19/10/2023) malam sekitar pukul 23.00 WIB

Rekonstruksi dilakukan di tempat kejadian perkara (TKP) di rumah korban Tuti Suhartini (55) di Jalan Cagak, Kabupaten Subang.

Di rumah tersebut, Tuti dan Amalia ditemukan tewas di dalam bagasi mobil Alphard mereka yang diparkir di garasi rumah pada 18 Agustus 2021.

Saat pra-rekonstruksi, Danu, salah satu tersangka yang juga saksi kunci, dihadirkan di TKP. Danu terlihat menunjukkan lokasi-lokasi tempat para pelaku membunuh korban Tuti dan Amalia yang berada di dalam rumah.

Baca juga: Alasan Yosep Baru Ditetapkan Tersangka Pembunuhan di Subang Setelah 2 Tahun

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Surawan mengatakan, pra-rekonstruksi ini dilakukan untuk melihat secara langsung gambaran di TKP.

"Tadi kami bawa satu tersangka yakni Ramdanu atau Danu untuk menunjukkan di lokasi mana saja kedua korban dieksekusi oleh para pelaku," kata Surawan, Kamis (19/10/2023) malam

Pra-rekonstruksi yang digelar hanya berlangsung sekitar 30 menit.

"Semuanya tadi sudah ditunjukkan oleh Danu dan nanti kami akan lakukan rekonstruksi sesuai dengan apa yang tadi ditunjukkan oleh Danu," ujar Surawan.

Dalam pra-rekonstruksi tersebut, pihak penyidik mengamankan satu buah ember yang digunakan Danu untuk membersihkan TKP setelah terjadi pembunuhan.

"Kami hanya bawa satu buah ember yang digunakan oleh Danu untuk membersihkan TKP pascapembunuhan terjadi," katanya.

Baca juga: Polisi Sebut Kantongi Bukti Kuat Meski 4 Tersangka Bantah Terlibat Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Setelah pra-rekonstruksi, tersangka Danu langsung kembali digiring ke mobil Fortuner hitam dan langsung meluncur ke arah Jalancagak menuju Bandung.

Dari pantauan Tribunjabar.id, saat pra-rekonstruksi berlangsung, tak ada seorang pun warga yang menyaksikan.

Selain kegiatan dilaksanakan malam hari, juga sebelumnya tak ada kabar akan ada pra-rekonstruksi yang dilakukan pihak Polda Jabar di TKP.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tadi Malam Polisi Gelar Pra Rekonstruksi Kasus Subang, Danu Tunjukkan di Mana Tuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com