Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Karawang Ada 6 TPS Blank Spot dan 126 Rawan Bencana

Kompas.com - 25/10/2023, 09:13 WIB
Farida Farhan,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Jawa Barat mencatat, sedikitnya ada enam titik tempat pemungutan suara (TPS) yang wilayahnya blank spot alias sulit dari jangkauan jaringan internet dan 126 TPS rawan bencana

Sekretaris KPU Karawang Fauzi Purwendi menyebutkan, 6 TPS blank spot berada di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel dan Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru.

Baca juga: Ajak Santri ke TPS Saat Pemilu 2024, Kaesang: Saya Tidak Mengajak Pilih PSI

"TPS blank spot ada di dua desa, yaitu di Parungmulya 3 TPS dan Mekarbuana 3 TPS," kata Fauzi saat dihubungi, Rabu (25/10/2023).

Fauzi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Karawang agar memfasilitasi penambahan jaringan internet di enam TPS tersebut.

Tujuannya agar penerapan aplikasi sistem rekapitulasi hasil penghitungan suara (Sirekap) tak terkendala jaringan internet.

"Sudah kami sampaikan ke Pemda. Kami sudah dipertemukan dengan salah satu provider, dan mereka siap memberikan bantuan penambahan (jaringan).Tapi saat ini masih dakam analisa mereka," ulasnya.

Adapun soal 126 TPS rawan bencana, seperti banjir, KPU Karawang juga telah melakukan pemetaan. TPS rawan bencana tersebut tersebar di 33 desa dari 9 kecamatan.

Baca juga: 38 TPS Kota Bandung Overload, Warga Diminta Olah Sampah dari Rumah

KPU bersama pihak terkait, kata Fauzi, telah menyiapkan lokasi cadangan jika sewaktu - waktu TOS tidak memungkinkan sebagai tempat pemungutan suara

"Kami mjnta teman - teman PPK dan PPS agar lokasi cadangan TPS tidak terlalu jauh dari lokasi awal, karena kita juga memperhitungkan tingkat partisipasi pemilih," kata Fauzi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com