Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Mobil Elf Terbakar di Tol Cipularang, Api Tiba-tiba Membesar

Kompas.com - 26/12/2023, 21:59 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Satu unit microbus elf bernomor polisi W 7192 US terbakar di ruas Tol Cipularang, pada Selasa (26/12/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Peristiwa ini terjadi di KM 85 A dari arah Jakarta menuju Bandung, di wilayah Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar).

"Penumpang itu ada 17 orang, 15 diantaranya dewasa, dua orang anak-anak. Alhamdulillah, selamat semua," kata Rudi (41), pengemudi elf yang terbakar, Selasa (26/12/2023), dikutip dari TribunJabar.id.

Rudi mengaku bahwa awalnya tidak ada kendala selama perjalanan. Namun, tiba-tiba, kendaraan yang dibawanya hilang tenaga.

"Mobil enak saja dari awal dibawa, pas tiba di lokasi kejadian tiba-tiba kosong (hilang tenaga), pas kondisi di tanjakan. Kami minggir ke jalur darurat, tiba-tiba ada api dari mesin bawah," ujar Rudi.

Baca juga: Ribuan ODGJ di Cimahi dan KBB Bisa Mencoblos pada Pemilu 2024

Rudi sempat berupaya memadamkan api dengan menyiram air, tetapi api cepat membesar dan melahap seluruh kendaraan.

"Sudah dicoba disiram pakai air, tapi api cepat membesar," ucap Rudi.

"Pas itu panik, tiba-tiba pintu tidak bisa dibuka, yang coba keluar dari jendela mobil juga ada, tapi setelah dipaksa, akhirnya pintu mobil berhasil dibuka," sambungnya.

Ps Kanit PJR Tol Cipularang, Ipda I Made Ari menyebutkan bahwa saat ini bangkai mobil sudah dievakuasi ke pool derek Jatiluhur, Jabar.

Baca juga: Kronologi Tewasnya 3 Anggota Band Usai Tenggak Miras di Surabaya, Vokalis Masih Dirawat

"Mobil tersebut berhasil dipadamkan oleh Damkar Purwakarta yang mendatangi lokasi kejadian. Proses pemadaman berlangsung sekitar 30 menit," ungkapnya.

Akibat peristiwa tersebut, kemacetan sempat terjadi dan mengular hingga 5 km. Kendaraan yang melintas terlihat melaju dengan kecepatan rendah. Bahkan, jalur darurat yang ada terlihat dilintasi oleh sejumlah kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com