Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY: Boleh Mengkritisi, tapi Jangan Keluar Batas

Kompas.com - 12/01/2024, 08:08 WIB
Putra Prima Perdana,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS. com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menilai forum debat capres-cawapres yang telah digelar KPU belum memberi pengetahuan dan inspirasi masyarakat Indonesia terkait ide dan gagasan masing-masing capres-cawapres.

"Kami berharap, forum debat bagi capres cawapres itu benar benar menjadi forum yang mengedukasi, menginspirasi masyarakat, " kata AHY di Bandung, Kamis (11/1/2024) pagi.

AHY menilai, setelah debat capres kedua pada tanggal 7 Januari 2024, sering kali peserta debat memperdebatkan isu-isu yang keluar dari tema.

Baca juga: Kunjungi Tegal, AHY: Kami Ingin Demokrat Kembali Berjaya di Parlemen

"Boleh saling mengkritisi sesekali, saling serang, tapi jangan keluar batas sehingga pemirsa, rakyat Indonesia, menjadi sulit mendapatkan esensi tema yang diangkat, " tutur dia.

Terlebih, lanjut AHY, pada debat capres terakhir, dua kandidat calon presiden terkesan memojokkan salah satu calon presiden.

"Seperti debat kemarin dengan tema pertahanan, keamanan, politik luar negeri, hubungan internasional, geopolitik dan globalisasi, menjadi banyak kabur ketika serangan ditujukan secara personal dan sering tidak relevan dengan tema."

"Tapi, itulah politik, itulah debat, " kata dia.

Baca juga: Target 70 Kursi di DPR, AHY: Kami Ingin Kembali Terhormat

"Saya mendengar masukan masyarakat yang berharap forum debat jadi forum yang baik untuk seluruh kandidat untuk menyampaikan visi misi dan kebijakan mereka ketika menjadi presiden nanti," tandas dia.

Meski demikian, AHY mengatakan, debat capres-cawapres tidak akan banyak berpengaruh terhadap peningkatan pemilih.

Menurut dia, turun langsung ke masyarakat masih menjadi cara yang ampuh untuk mempromosikan calon presiden dan wakil presiden.

"Ini minggu terakhir yang menentukan sebelum 14 Februari 2024," tegas AHY.

Baca juga: Tak Sebut Prabowo-Gibran Saat Kampanye di Cirebon, AHY Bantah Setengah Hati

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com