Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantah Tuduhan PDI-P Langgar Kampanye, Ridwan Kamil: Saya Diundang Paparkan Visi Misi 02

Kompas.com - 19/01/2024, 14:53 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil, membantah tuduhan pelanggaran kampanye yang dilaporkan Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Barat ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar.

Seperti diketahui, BBHAR PDI-P menuding Emil, sapaan Ridwan Kamil, berkampanye dalam Jambore Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Tasikmalaya, Jabar.

Baca juga: Ridwan Kamil Bantah Tudingan Langgar Aturan Pemilu yang Dilaporkan PDI-P Jabar

Lewat akun Instagramnya, @ridwankamil, Emil mengatakan, dia menghadiri kegiatan Jambore BPD dalam kapasitas sebagai undangan.

Baca juga: Diduga Langgar Aturan Kampanye, PDI-P Jabar Laporkan Ridwan Kamil ke Bawaslu

"Saya hadir di acara Jambore Badan Permusyawaratan Desa Tasikmalaya dalam kapasitas sebagai UNDANGAN untuk memaparkan visi misi desa dari paslon 02, sebagai ketua TKD. Ya saya paparkan lah," tulis Emil.

Baca juga: Laporan Penuhi Syarat, Bawaslu Jabar Bakal Panggil Ridwan Kamil

Emil juga menjelaskan bahwa dia diundang oleh Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI).

Emil menyebut BPD merupakan perlemen desa, golongan dari tokoh-tokoh politik desa, dan bukan aparat atau aparatur sipil negara (ASN).

Mantan Gubernur Jawa Barat ini juga membantah tudingan terkait money politic.

"Tidak ada bagi-bagi money politik. Haram hukumnya. Yang ada adalah pembagian hadiah bagi lomba joget gemoy, yg dibagikan hadiahnya dari atas panggung. Demikian hak jawabnya. Terima kasih," tulis Emil.

Untuk diketahui, pelaporan itu berdasarkan video yang memperlihatkan Ridwan Kamil menghadiri acara tersebut dengan memakai jaket biru muda, warna yang dianggap identik dengan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam video yang berdurasi 1.28 menit itu, terlihat Ridwan Kamil mengajak penonton yang hadir pada kegiatan tersebut untuk berjoget dan terlihat memberikan sesuatu dari saku celananya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com