Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Batas Izin Tinggal, 4 Warga Timor Leste di Kota Bandung Leste Dideportasi

Kompas.com - 27/02/2024, 06:11 WIB
Putra Prima Perdana,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung bakal mendeportasi empat warga negara Timor Leste dengan inisial GBE, VBDR, AMG, dan AM.

Sebelum di deportasi, empat warga negara asing ini untuk sementara waktu ditahan di ruang detensi imigrasi kelas I Bandung.

"Keempat orang tersebut tidak dapat memperlihatkan dan menyerahkan dokumen perjalanan atau izin tinggal kepada petugas yang melakukan pengawasan keimigrasian. Kita dapatkan izin tinggal mereka sudah habis sejak 60 hari lalu," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung Agung Pramono saat konferensi pers di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, Jalan Surapati, Kota Bandung, Senin (26/2/2024).

Baca juga: Balai Karantina Gagalkan Penyelundupan 163 Kg Olahan Daging dari Timor Leste ke NTT

Agung menjelaskan, empat orang tersebut sudah tinggal di Kota Bandung selama enam tahun. Mereka menjalani pendidikan di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bandung.

Setelah selesai menjalani pendidikan, Agung mengatakan mereka tidak langsung pulang ke Timor Leste dan memilih tetap tinggal di Kota Bandung.

"Selama ini mereka hanya mengandalkan kiriman uang dari keluarga di Timor Leste, " ujar Agung.

Agung menjelaskan, pengungkapan kasus pelanggaran pidana keimigrasian yang dilakukan empat pemuda tersebut berawal dari laporan warga sekitar kontrakan dan kost yang mereka tinggali.

Baca juga: Angin Kencang Terjang Perbatasan RI-Timor Leste, Bangunan SD Rata dengan Tanah

Merespons hal itu, petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung melakukan penyelidikan dan akhirnya mengamankan keempat warga negara Timor Leste tersebut di dua lokasi tempat tinggal mereka yakni di Jalan Cikutra dan Tiran Dalam Kota Bandung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com