Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Cirebon, Pj Gubernur Jabar Surati Kementerian PUPR Minta Normalisasi Sungai

Kompas.com - 07/03/2024, 22:57 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - PJ Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, berjanji akan mengatasi masalah banjir yang melanda 37 desa di sembilan kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Bey mengatakan, hasil evaluasi tim teknis menyebut, banjir disebabkan meluapnya lima sungai yang melintasi seluruh titik terdampak.

Baca juga: Banjir Cirebon Tewaskan 2 Warga akibat Terbawa Arus dan Tersengat Listrik

Dia akan langsung mengirimkan surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membantu merevitalisasi sungai.

Baca juga: Hari Ketiga Banjir Rendam Cirebon, 46.617 Rumah di 9 Kecamatan Terdampak

"Kuncinya adalah normalisasi sungai dan revitalisasi tanggul-tanggul karena sudah berumur sudah tua. Kami minta PUPR prioritaskan kondisi ini agar segera diperbaiki," kata Bey saat meninjau dapur umum di Desa Jatiseeng, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/3/2024).

Sejumlah pekerja pabrik di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Jawa Barat berusaha mengeluarkan sepeda motor mereka dari kepungan banjir, Kamis (6/3/2024) siang.tangkap layar video warga yang viral Sejumlah pekerja pabrik di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon Jawa Barat berusaha mengeluarkan sepeda motor mereka dari kepungan banjir, Kamis (6/3/2024) siang.

Bey menjelaskan, Kecamatan Waled menjadi kecamatan yang terparah terdampak banjir karena Sungai Cibeber sudah tidak mampu menampung debit air yang tinggi.

 

Tak hanya Ciberes, Bey menyebut ada lima sungai lainnya yang harus diprioritaskan, yaitu Sungai Ciberes, Cijerah, Ciputih, Cijurai, dan Singaraja.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin saat meninjau gudang logistik untuk bantuan korban terdampak banjir di Kabupaten Cirebon, Kamis (7/3/2024).Dokumen Humas Pemprov Jabar Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin saat meninjau gudang logistik untuk bantuan korban terdampak banjir di Kabupaten Cirebon, Kamis (7/3/2024).

Bey memastikan langsung mengirimkan surat dan laporan lengkap kepada Kementerian PUPR untuk meminta perbaikan.

Pasalnya, lima sungai ini menjadi sumber utama banjir yang kerap kali meluap hingga merendam permukiman warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com