Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cycling de Jabar 2024, Momen Kenalkan Wisata Ciayumajakuning

Kompas.com - 14/03/2024, 20:37 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Reni Susanti

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Gelaran Cycling de Jabar 2024 yang digelar Harian Kompas bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Bank Jabar Banten (BJB) diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Benny Bachtiar usai konferensi pers Cycling de Jabar 2024 di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/3/2024).

Benny mengakui, pariwisata di Ciayumajakuning masih kalah pamor dibanding Bandung Raya dan Bogor Raya. Kedua daerah itu, masih menjadi destinasi wisata favorit sampai saat ini.

Baca juga: Tersandung Kasus Korupsi CCTV, Ema Sumarna Mundur dari Sekda Kota Bandung

"Pesan Mas Menteri (Sandiaga Uno) kepada kami semua, perbanyak event supaya bisa menyosialisasikan secara langsung kepada masyarakat umum," tutur Benny.

"Hari ini Jawa Barat itu sudah over tourism di Bandung Raya dan Bogor Raya. Kita mesti berpikir bagaimana supaya bergeser ke area Cirebon Raya atau Ciayumajakuning," tambahnya.

Padahal, menurut dia, Ciayumajakuning memiliki keindahan alam sangat menarik dan paket wisata komplet dari atraksi kesenian dan sajian kulinernya.

Baca juga: Cycling de Jabar 2024 Hadirkan Rute Baru, Lebih Indah dan Menantang

"Baik dari sisi alamnya, pemandangannya, maupun atraksi lainnya. Jangan lupa, kawasan Cirebon Raya ada enam kategori pariwisata. Wisata religi, budaya, kuliner, belanja, olahraga, dan wisata alam," ucap Benny.

Di samping itu, Pemprov Jabar juga saat ini fokus untuk menaikkan grafik penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Sebab, jumlah penumpang BIJB masih kurang dari target sebesar 7.500 penumpang perhari.  Sedangkan realisasinya baru 2.000 perhari.

Benny menambahkan, adanya rute baru dalam Cycling de Jabar 2024 dari Cirebon ke Pangandaran bisa mendongkrak wisata di Ciayumajakuning dan Jabar Selatan.

"Harapan ke depan bisa dapat semakin menarik. Tadi juga Pak Pj Gubernur menyampaikan, tidak hanya event ini saja," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com