Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Warga Hilang Tertimbun Longsor di Bandung Barat, Satu Berhasil Dievakuasi

Kompas.com - 25/03/2024, 11:48 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sebanyak 10 orang warga di Kampung Gintung RT 03 RW 04 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat hilang.

Petugas dari tim SAR gabungan masih melakukan pencarian sejumlah korban yang diduga masih terjebak di bawah material longsor dengan menyusur titik-titik yang di curigai.

Berdasar laporan sementara petugas BPBD di lapangan, dari 10 orang warga yang hilang tertimbun longsor, baru satu korban atas nama Sofi (30) berhasil dievakuasi dari timbunan longsor.

"Berdasarkan data, masih ada 9 jiwa yang masih belum diketemukan. Diperkirakan korban tertimbun berada di titik-titik yang sudah dicurigai," ungkap Penjabat Bupati Bandung Barat Arsan Latif saat ditemui di lokasi, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Banjir Bandang Bandung Barat, 25 Rumah Tertimbun Longsor dan Ratusan Warga Diungsikan

Sebanyak 10 orang yang hilang tertimbun itu yakni 2 anak laki-laki, 2 anak perempuan, 5 orang dewasa laki-laki, dan 1 perempuan dewasa. Sementara korban perempuan dewasa atas nama Sofi berhasil dievakuasi sekitar jam 02.00 WIB dini hari tadi.

Arsan menyampaikan, jumlah warga yang mengungsi keseluruhan mencapai 400 jiwa. Pemerintah menyiapkan sejumlah titik posko pengungsian

"Terhadap yang sedang mengungsi hampir kurang lebih 400 jiwa, kita siapkan tempatnya, tendanya, sekolahnya, dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka," kata Arsan.

"Intinya kita siapkan tempat dan kebutuhan dasarnya. Paling tidak untuk mengembalikan tenaga karena tadi malam sejak jam 22.00 WIB energinya terkuras untuk penyelamatan diri dan evakuasi keluarga mereka," imbuhnya.

Sebanyak 25 rumah di Kampung Gintung, RT 03 RW 04, Desa Cibenda, KBB rusak parah usai tertimbun longsor. Sementara di Desa Sirnagalih banjir bandang mengamuk menerjang puluhan rumah, lahan persawahan, hingga kandang ternak milik warga.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Bandung Barat

Camat Cipongkor Rega Wiguna mengatakan, longsor di Kampung Gintung sendiri terpantau cukup parah lantaran permukiman warga berada di mahkota longsor, dampaknya mulai dari ambruk bangunan sampai tertimbun material longsor.

"Kondisi di lokasi sangat mengkhawatirkan, banyak rumah warga yang tertimbun. Data sementara yang kita dapatkan ada 25 rumah terdampak. Semua mengalami rusak parah karena tertimbun longsor," kata Rega.

Dari data sementara, jumlah warga yang terdampak longsor di Kampung Gintung mencapai 55 kepala keluarga atau sekitar 225 jiwa, saat ini ratusan korban bencana ini diungsikan ke 3 titik pengungsian di Desa Cibenda.

"Saat ini kita evakuasi warga ke Gor Desa Cibenda, SDN 1 Cibenda, dan SDN Padakati. Ada juga yang memilih mengungsi ke rumah kerabatnya," tandas Rega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com