Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Karawang Periksa Kelaikan Bus hingga Kondisi Sopir untuk Mudik

Kompas.com - 03/04/2024, 10:02 WIB
Farida Farhan,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Polres Karawang mengecek bus dan kesiapan sopir seluruh perusahaan otobus (PO) di Karawang, Jawa Barat, demi keselamatan pemudik yang menggunakan bus pada mudik lebaran 2024.

Kasatlantas Polres Karawang AKP Lucky Martono mengatakan, pemeriksaan dilakukan mulai dari keadaan bus hingga pengalaman sopir dalam mengemudi.

Pemeriksaan bus meliputi pemeriksaan kaca, lampu, rem kemudi, klakson, hingga roda. Kemudian untuk sopir sendiri pihaknya melakukan tes kesehatan hingga urine.

"Dan kita periksa juga pengalaman sopir-sopir yang baru menyetir 1-2 bulan. Itu sangat membahayakan penumpang, karena belum memiliki pengalaman," kata Lucky di Mapolres Karawang, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Arus Mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian Diprediksi Naik 40 Persen

Sejauh ini, kata Lucky, hasil pemeriksaan terhadap angkutan bus dalam keadaan baik.

Misalnya pada pemeriksaan di PO Bus Agramas pada Selasa (2/4/2024). Tidak ditemukan adanya bus yang tidak laik jalan. 

Bus dalam kondisi baik langsung ditempel stiker bertuliskan "Laik Jalan Angkutan Lebaran 2024, Polres Karawang dan Dishub Karawang serta Satuan Narkoba".

Luky mengimbau agar para sopir bus memerhatikan keselamatan penumpang. Saat berkendara ia mengimbau sopir tidak melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

"Tolong perhatikan keselamatan penumpang tidak usah kebut-kebutan patuhi rambu dan aturan serta patuhi petugas di lapangan," ujar Lucky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com