Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Rekayasa Lalin Puncak Bogor Selama Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 05/04/2024, 14:11 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Polisi bakal memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, selama arus mudik Lebaran 2024.

Skema rekayasa lalu lintas yang diterapkan mulai dari contraflow, one way, hingga ganjil-genap (gage).

Rekayasa lalin ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan imbas pertemuan pemudik lokal dan wisatawan.

Baca juga: Jelang Mudik, Sopir dan Kru Bus di Terminal Jombor Tes Urine dan Cek Kesehatan

"Rencana rekayasa yang akan dilakukan yaitu pembukaan jalur contraflow, penerapan ganjil genap dan rekayasa one way," kata Kepala Bagian Operasional (KBO) Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Noviantasari kepada Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Dia mengatakan, pelaksanaan pengamanan dan rekayasa lalu lintas arus mudik itu sudah dimulai hari ini sampai arus balik, Selasa 16 April 2024.

Penerapan sistem ganjil genap akan diberlakukan di pintu masuk atau di seputaran Exit GT Ciawi Km 46+500, Simpang Gadog, Jalan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Besok Puncak Arus Mudik, Waktu di Rest Area Tol Kalikangkung Dibatasi 30 Menit

Sistem ganjil genap berbasis nomor polisi ini mengharuskan kendaraan untuk menyelaraskan pelat nomor ganjil atau genap pada tanggal di kalendar.

Penentuan ganjil genap merujuk pada angka terakhir nomor polisi kendaraan. Petugas akan memeriksa tanda nomor kendaraan atau angka terakhir sebagai syarat bisa melintasi jalur Puncak.

Bagi kendaraan yang tidak sesuai ganjil dan genap, maka akan mendapatkan sanksi diputar balik atau dilarang melintas di jalur Puncak.

"Bagi kendaraan yang ber-TNKB atau berpelat nomor polisi tidak sesuai dengan tanggal diberlakukannya sistem ganjil dan genap, akan diputar balik oleh petugas," ucapnya.

Sementara untuk skema one way atau satu arah, penerapannya akan diberlakukan secara situasional atau bergantung pada kepadatan arus kendaraan yang melintas.

Begitu pula dengan pengaturan lalu lintas contraflow atau lawan arus di ruas tol Jagorawi arah Ciawi, Kabupaten Bogor.

Semua rekayasa lalin ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan parah seperti masa mudik lebaran tahun lalu.

"Untuk waktu dan kapan diberlakukan contraflow dan one way dilaksanakan secara situasional, untuk ganjil genap sendiri diberlakukan mulai hari ini sampai 16 April," jelas Ardian.

Sebagai informasi, jalur Puncak Bogor bakal dilintasi pemudik lokal dari Bandung, Sukabumi, dan Jakarta selama arus mudik Lebaran 2024.

Selama itu pula, para wisatawan akan memadati kawasan Puncak Bogor untuk menghabiskan waktu liburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com