Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ijal Bunuh Didi dan Butuh 3 Jam untuk Cor Jasad Korban di Dalam Rumah di Bandung Barat

Kompas.com - 20/04/2024, 15:25 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Ijal (31), pembunuh Didi Hartanto (45) di Kompleks Bumi Citra Indah, RT 06/13, Desa Pataruman, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), hanya tertunduk lesu saat digiring polisi di Mapolres Cimahi, Jumat (19/4/2024).

Dengan memakai baju tahanan berwarna oranye dan penutup wajah berwarna hitam, Ijal mengakui pembunuhan yang ia lakukan pada 23 Maret 2024.

Di hadapan polisi, Ijal sedikit menceritakan perbuatan jahatnya.

Ia juga mengaku menyesal telah membunuh dan mengubur mayat korban serta menggasak barang berharga.

Baca juga: Ijal yang Bunuh dan Cor Mayat Didi di Bandung Barat Sempat Menyamar Pakai Kostum Badut di Jakarta

Menurut Ijal, ia butuh waktu sekitar 3 jam untuk mengubur dan mengecor mayat korban.

"Sekitar 3 jam selesai nguburnya sendirian. Setelah itu saya pulang ke Saguling, terus ke Jakarta mau ke rumah kakak di sana," ujarnya saat konferensi pers di Mapolres Cimahi, Jumat (19/4/2024).i

Ijal mengaku, aksi pembunuhan tersebut dilakukan karena honor kerja dua hari sebesar Rp 300.000 tidak dibayar oleh korban, sedangkan ia sedang membutuhkan uang.

"Jadi saya kemarin seperti itu (membunuh korban) karena terpaksa lagi enggak punya uang," kata Ijal.

Selain membunuh korban, Ijal juga mengaku menggasak barang berharga korban seperti dua unit sepeda motor, dompet, dan sertifikat rumah milik korban.

Baca juga: Terungkap, Pria Dibunuh dan Dicor di Bandung Barat Direncanakan 2 Hari Sebelumnya

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan membenarkan motif pembunuhan adalah korban tidak membayar upah kerja pelaku selama dua hari sebesar Rp 300.000

"Namun tim tentunya tidak percaya begitu saja. Kami terus mengumpulkan alat bukti dan mencari saksi-saksi dan pada akhirnya, kami melaksanakan gelar perkara serta menyimpulkan terdapat fakta bahwa pelaku telah merencanakan pembunuhan ini," kata Aldi.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pembunuh Pria di Bandung Barat hanya Butuh Waktu 3 Jam Kubur Korban dalam Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com