Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru SD Penumpang Bus Maut di Tasikmalaya Ditemukan Terkubur Longsoran Tanah, Korban Tewas Jadi 4 Orang

Kompas.com - 27/06/2022, 13:01 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Guru SD, Siti Munawaroh (30), penumpang bus yang terjun ke jurang ditemukan tewas di lokasi kejadian, Kampung Cireundeu, Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (27/6/2022).

Siti merupakan guru sekolah dasar. Ia menjadi salah satu peserta rombongan sekolah pariwisata dari Jatinangor ke Pangandaran. Namun di Tasikmalaya, busnya terjun ke jurang, Sabtu (25/6/2022).  

Tim SAR gabungan menemukan jenazahnya usai menemukan sebuah ponsel merk Samsung tegeletak di dekat lokasi penemuan korban. Hingga akhirnya petugas melihat kaki korban terkubur longsoran tanah.

Baca juga: Daftar Korban Luka Kecelakaan Beruntun 17 Kendaraan di Km 92 Tol Cipularang

Posisi korban ditemukan dalam kondisi telungkup, berada di longsoran tanah dengan kondisi kaki ke atas dan kepala di bawah tebing jurang yang curam tersebut.

Petugas kemudian berupaya menyiram air menggunakan ember berkali-kali supaya longsoran tanah bergerak. Hingga akhirnya petugas bisa mengangkat tubuh korban.

Jenazah kemudian dimasukkan ke dalam kantong mayat dibawa ke atas Puskesmas Rajapolah dan selanjutnya ke RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya.

Penemuan korban keempat ini dibenarkan Kepala Polsek Rajapolah Polresta Tasikmalaya AKP Iwan Sujarwo. Ia mengungkapkan, pencarian korban membutuhkan waktu hampir dua hari. 

Sehingga, jumlah korban kecelakaan tunggal bus ke jurang itu berjumlah 4 orang. 

"Korban yang sempat hilang itu ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB hari ini. Korban terakhir yang seluruhnya berjumlah empat orang itu berstatus guru SD di sekolah itu," tambah dia.

Baca juga: Cari Guru Korban Laka Maut Bus di Tasikmalaya, Petugas Sisir Sungai Citanduy

Sebelumnya diberitakan, Bus Pariwisata milik PO City Trans Utama bernomor polisi B 7701 TGA mengalami kecelakaan tunggal. 

Bus terjun ke jurang yang ada di Kampung Cireundeu Desa Manggungsari Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (25/6/2022).

"Kecelakaan tunggal bus pariwisata itu diduga akibat sopir mengantuk dan diketahui ada 3 penumpangnya yang meninggal," jelas Plt Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Tasikmalaya AKP Soni Alamsyah, Minggu (26/6/2022).

Soni menambahkan, sopir bus tersebut dikemudikan Dedi Kurnia warga asal Jatinangor Sumedang dengan membawa total penumpang 59 orang.

Para penumpang merupakan siswa sekolah dasar negeri (SDN) Sayang Jatinangor Sumedang beserta orangtuanya yang hendak berlibur ke Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

"Ketiga korban adalah pasangan suami istri dan seorang kernet bus tersebut," tambahnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com