Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Celana Dalam Bekas Peziarah Berserakan di Situs Nagara Padang Ciwidey

Kompas.com - 19/10/2022, 18:21 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gundukan sampah pakaian dalam wanita berserakan di situs budaya Nagara Padang yang berada di Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan menggegerkan warga setempat.

Pasalnya, situs Nagara Padang merupakan salah satu tempat yang dikeramatkan di Ciwidey.

Hermansyah, salah seorang warga setempat menduga sampah pakaian dalam wanita itu merupakan ulah dari para peziarah.

Baca juga: Jatuh Bangun Petani Kopi Ciwidey Kabupaten Bandung Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 hingga Bangkit

Ia mengatakan, pemilik dari sampah pakaian dalam tersebut di buang sebagai ritual buang sial di tempat keramat Nagara Padang.

Sampah pakaian dalam yang bertumpuk itu, kata dia, bertebaran dan bertumpuk di sekitar mata air Cikahuripan, Ciwidey.

"Baru-baru ini saya datang ke sana, kalau gak salah hari Jumat kemarin. Saya pikir ini tindakan yang dilakukan oleh peziarah saat datang ke sini, secara pribadi saya menyesalkan," katanya, dihubungi Rabu (19/10/2022).

Sampah pakaian dalam wanita bertumpuk di Situs Nagara Padang di Kecamatan Ciwidey, Polsek Ciwidey menduga bekas peziarah yang datang saat acara Maulid Nabi beberapa waktu lalu.KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Sampah pakaian dalam wanita bertumpuk di Situs Nagara Padang di Kecamatan Ciwidey, Polsek Ciwidey menduga bekas peziarah yang datang saat acara Maulid Nabi beberapa waktu lalu.

Ia meyakini sampah tersebut milik peziarah dari luar daerah, lantaran peziarah dari warga lokal tidak mungkin membuang sampah celana dalam di tempat itu.

Begitu juga para pendaki yang kerap datang untuk berkemah, tidak pernah membuah sampah seperti itu di situs Nagara Padang, Ciwidey.

Baca juga: Tarif Angkutan Umum di Kabupaten Bandung Naik, Ciwidey-Dewata Jadi Rp 30.000

Menurutnya, warga sekitar datang ke situs Nagara Padang hanya untuk berkebun. Pun tak pernah ada warga atau pecinta alam yang melakukan tindakan senonoh di wilayah itu.

"Enggak mungkin kalau berbuat yang aneh-aneh, baik warga atau pecinta alam pasti menjaga hutan dan lingkungan di sini. Kemungkinan besar sampah bra dan celana dalam perempuan itu milik para peziarah yang sengaja membuang ke situ untuk ritual buang sial. Tapi kalau mereka berbuat mesum di tempat itu sih kecil kemungkinan. Itu sih mereka habis mandi ritual lalu pakaian dalamnya dibuang sembarangan," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com