Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya soal Cawapres, Anies Baswedan: Bisa Kapan Saja

Kompas.com - 20/11/2022, 12:29 WIB
Candra Nugraha,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem, Anies Baswedan melakukan safari politik di Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (20/11/2022).

Saat mengunjungi Kabupaten Ciamis, Anies sempat ditanya ihwal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di Pilpres 2024 nanti.

Menurutnya, pemilihan calon wakil saat ini masih dalam proses. Namun demikian, penentuan calon pendampingnya itu bisa kapan saja dipilih.

"Bisa bulan depan, dua bulan, tiga bulan lagi. Bisa kapan saja," jelasnya.

Baca juga: Safari Politik di Ciamis, Anies Baswedan Sapa Simpatisan di Alun-alun Kabupaten

Anies bersyukur karena koalisi partai pengusungnya semakin solid. Dia bertekad untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Lebih lanjut, Anies bersyukur tugas di Jakarta sebagai gubernur telah tuntas. Dia pun meminta masyarakat untuk melihat apa yang telah dilakukannya di Jakarta sebagai bahan penilaian.

"Saya mengajak (warga) kalau ada yang dicalonkan lihat rekam jejaknya, karyanya apa. Itu lah yang jadi dasar dalam menyimpulkan (menilai) seseorang," katanya.

Anies juga mengajak masyarakat agar melihat kenyataan, dan bukan pernyataan orang. Menurutnya pernyataan bisa apa saja tapi tidak semua ditopang dengan fakta.

"Karenanya kita lihat kenyataan, kebijakan yang dibuat. Itu jadi dasar bertugas di tempat lain," katanya.

Sementara Ketua DPW Nasdem Jawa Barat, Saan Mustofa mengatakan, partainya menyerahkan sepenuhnya kepada Anies untuk mencari sosok wakil presiden.

"Kita serahkan ke Pak Anies untuk mencari wakil yang cocok dengan Pak Anies," jelasnya saat ditemui di Pendopo Kabupaten Ciamis.

Ihwal koalisi partai, Saan menambahkan, tinggal menunggu waktu saja. Dia mengatakan dari sisi komitmen dan lainnya sudah banyak kesepahaman yang sama untuk mengusung Anies sebagai calon presiden.

"Koalisi insya Allah pasti jadi, Nasdem, Demokrat, PKS. Soal timing (waktu) saja," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com