Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turbin PLTA Bengkok di Bandung Terbakar, Diduga karena "Overload"

Kompas.com - 16/05/2023, 07:35 WIB
Agie Permadi,
Michael Hangga Wismabrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok di Jalan Ir. H. Djuanda, Kelurahan Ciburial, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, terbakar pada Senin (15/5/2023). 

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Rescue Diskar PB Kota Bandung John Erwin, dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut adalah overload

"Dikarenakan tampungan berlebih, akhirnya turbin PLTA overload dan mengeluarkan api," ucap John dalam pesan singkatnya, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Api dari Mobil Picu Kebakaran Hebat di Ambon, Ruko dan Belasan Rumah Ludes

Berdasarkan informasi dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), sejumlah wilayah di Bandung sempat mengalami pemadaman listrik, antara lain wilayah Dago, Dago tengah, Bukit Pakar, Bukit Pakar Timur, Hegarasih, Sekejolang, dan Terusan Ekologi.

Baca juga: Tol Cisumdawu di Sumedang Tertutup Asap Kebakaran Lahan, Pengguna Diminta Waspada

Kronologi

Sementara itu, John mengatakan, pada pukul 21.38 WIB, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran di gardu induk yang menyalurkan manuver rel 20kb itu.

Petugas di gardu saat itu sempat memadamkan api dengan alat seadanya, tetapi tak tertangani, sampai akhirnya menghubungi pemadam kebakaran.

Empat unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi. Petugas akhirnya berhasil memadamkan api dengan alat pemadam api ringan atau APAR.

Baca juga: Kebakaran Pabrik Kain di Cimahi, Kerugian Diperkirakan Capai Miliaran

Adapun turbin yang terbakar seluas 1,5 meter persegi dari luas keseluruhan 480 meter persegi. Petugas masih belum memastikan kerugian dari insiden itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com