Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Geruduk DPRD Cimahi Protes PPDB dan Zonasi yang Dinilai Curang

Kompas.com - 17/07/2023, 13:38 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Michael Hangga Wismabrata

Tim Redaksi

CIMAHI, KOMPAS.com - Puluhan orang yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kota Cimahi menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (17/7/2023).

Mereka memprotes sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dinilai banyak kecurangan domisili sampai mengabaikan nasib sekolah swasta di Kota Cimahi.

Perwakilan Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kota Cimahi Ahmad Rofii mengatakan, aksi unjuk rasa ini mendesak tiga tuntutan atas persoalan proses PPDB dan sistem zonasi.

"(Kasus) ini adalah pelanggaran yang sudah turun-temurun, kami swasta sangat sabar, tapi semakin serakah. Dugaan kecurangan yang ada adalah apa yang kami sebut zonatip, zona titipan itu merusak sistem di sekolah kami," ujar Ahmad.

Baca juga: 4.791 Calon Siswa Dicoret dari PPDB Jabar karena Curang

Sementara itu, tuntutan pertama peserta aksi yakni agar pemerintah melakukan evaluasi PPDB di Kota Cimahi secara menyeluruh karena disinyalir banyak terjadi kecurangan domisili yang merugikan sekolah swasta.

Menurut dia, adanya kecurangan domisili ini bisa mengancam eksistensi sekolah swasta. Hal itu terbukti dari menurunnya jumlah peserta didik baru ke sekolah swasta, dari sekitar 8.000 lulusan SD, tercatat hanya ada sekitar 1.600 orang yang masuk ke 32 SMP swasta di Kota Cimahi.

"Tahun ini kami mengalami penurunan siswa sebanyak 251 siswa. Tahun lalu masih ada 1.960 sekarang sekitar 1604-an, itu sisa yang 4.000 pada ke mana. Itu kita buktikan hari ini sekolah negeri betul-betul gemuk, kalau bisa lihat 30 persen swasta 70 persen sekolah negeri," kata Ahmad.

Baca juga: Siswa Tak Mampu di Banten Masih Bisa Daftar PPDB SMA Jalur Afirmasi hingga Akhir Agustus

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com