Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Gunungan Sampah di TPA Sarimukti, Asapnya Masuk Pemukiman

Kompas.com - 21/08/2023, 18:48 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Kebakaran yang melanda gunungan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat belum juga padam.

Api di tumpukan sampah tersebut memakan kurang lebih satu hektar lahan gunungan sampah dan satu unit alat berat ekskavator yang berada di zona empat TPA Sarimukti.

Imbas dari kebakaran itu, asap tebal mengepul sampai ke pemukiman warga di Desa Sarimukti, akibatnya warga di 6 RW merasakan dampak dari kepulan asap.

 Baca juga: Kebakaran di TPA Sarimukti, 1 Hektar Gunungan Sampah dan 1 Ekskavator Hangus

Abdurrahman, salah seorang warga RT 01 RW 04yang tinggal kurang lebih 3 kilometer dari lokasi kebakaran merasakan betul asap tebal masuk ke permukiman dan ke dalam rumahnya.

"Tadi sekitar jam 14.00 WIB, asapnya maju ke permukiman warga. Bahkan ke dalam rumah saya juga masuk. Imbasnya yang cukup fatal itu sekitar 6 RW, RW 13, 15, 02, 03, 04, dan 05. Kebetulan saya di RW 04," kata Rahman, Senin (21/8/2023).

Bukan hanya ke permukiman warga, kabut tebal imbas dari kebakaran juga menghalangi pengendara di ruas Jalan Raya Cipatat - Cipendeuy selama kurang lebih satu jam.

"Tadi di jalan kabutnya pekat tebal. Ini cukup mengganggu pengendara karena keterbatasan jarak pandang. Yang parahnya itu sekitar satu jam, setelah itu mulai melandai. Mungkin karena terdorong angin," ujar Rahman.

Namun, asap yang masuk ke permukiman warga tidak berlangsung lama, sehingga warga tidak mengalami gangguan pernapasan serius.

"Untuk saat ini belum berdampak terlalu negatif. Cuman ada bau asap yang menyengat ke dalam rumah. Bau asap memang agak pengap karena asapnya cukup menyengat. Asapnya asap sampah soalnya," ungkap Rahman.

 Baca juga: Buang Sampah ke TPA Sarimukti Dibatasi Imbas Pencemaran Limbah

Sementara itu, Koordinator Pengelolaan Lapangan TPA Sarimukti, Riswanto mengatakan, saat ini api masih sulit dijinakkan, petugas masih berusaha melakukan pemadaman di titik api yang berada di zona IV TPA Sarimukti.

"Ada dua mobil pemadam yang diterjunkan. Sekarang masih proses pemadaman karena tadi siang apinya nyala lagi," sebut Riswanto.

Riswanto menyampaikan, kebakaran lahan sampah yang terjadi di zona IV TPA Sarimukti ini mengakibatkan gunungan sampah seluas 1 hektar dan satu unit alat berat ekskavator hangus terbakar.

"Awalnya kebakaran ini terjadi hari Sabtu sekitar jam 11 malam. Kemudian berhasil dipadamkan sampai dini hari. Tapi api menyala lagi pada Minggu pagi sampai sekarang," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com