Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah SD asal Bandung Barat Tewas Saat Berenang di Situ Ciburuy

Kompas.com - 17/11/2023, 17:08 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Seorang bocah laki-laki ditemukan meninggal dunia usai tenggelam di perairan Situ Ciburuy, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).

Bocah tersebut merupakan siswa SD berinisial F (9), warga Kampung Sukamulya RT 03 RW 25, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang.

Kejadian tenggelamnya bocah tersebut bermula saat korban dan kelima temannya sedang bermain di perairan Situ Ciburuy. Mereka berenang di area perbatasan Kampung Ciburuy dan Kampung Sirnasari.

Baca juga: Situ Kayu Antap Tangsel Dikuasai Swasta, Pemprov Banten Tempuh Jalur Hukum Terakhir

"Kurang lebih ada 5 atau 6 anak yang berenang sekitar pukul 13.30 WIB. Mereka berenang di area yang sepi dan jarang terpantau," ujar Kepala Desa Ciburuy, Firmansyah saat dihubungi, Jumat (17/11/2023).

Korban diduga tidak bisa berenang saat berada di perairan yang dalam. Akibatnya, koban yang tengah berenang itu tenggelam dan tidak bisa menyelamatkan diri.

Baca juga: Kemarau Panjang, Situ Gede Tasikmalaya Berubah Jadi Tempat Balap Motor

"Tadi dievakuasi oleh teman-teman atlet dayung yang kebetulan berada di sekitar lokasi. Saat dievakuasi bocah tersebut sudah tidak sadarkan diri," papar Firmansyah.

Menurutnya, debit air di Situ Ciburuy saat ini tidak terlalu dalam. Namun kondisinya terbilang tidak aman untuk digunakan sebagai ruang bermain atau sekadar berenang anak.

"Debit air sekarang memang rendah, cuman memang dalam bagi anak-anak. Dalamnya kurang lebih hanya 1,5 meter. Namun di dasar ada lumpur yang tebal. Jadi memang bukan untuk berenang apalagi anak-anak," tutur Firmansyah.

Setelah dievakuasi, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan (RSCK), Kota Baru Parahyangan untuk mendapat pertolongan medis.

"Namun nyawanya tidak sempat tertolong sehingga korban dibawa ke rumah duka di Desa Padalarang," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com