Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Bandung Gelar Balap Gokart Listrik, Catat Jadwalnya

Kompas.com - 30/11/2023, 11:30 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya Indonesia menggelar balap gokart listrik. Acara akan berlangsung 15-17 Desember 2023 di Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR Bandung.

Yudi Hardiana, Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan, kegiatan bertajuk Electric Karting Race 2023 ini sudah digagas dua tahun lalu.

Kemudian dimatangkan bersama Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan PUPR, IMI Jawa Barat, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Baca juga: Kampanye di Bandung, Anies Ungkap Kurangnya Perhatian Pemerintah soal Sampah

"Setelah melakukan berbagai riset dan uji coba akhirnya kami menemukan formula tepat untuk merancang unit gokart yang akan dipakai," ujar Yudi, Kamis (30/11/2023).

Ketua Bidang Olahraga Mobil IMI Jawa Barat, Fredi 'Ojo' Rostiawan mengatakan, terdapat 20 unit gokart bertenaga listrik yang disiapkan untuk 20 pembalap.

Baca juga: Transportasi Umum di Bandung Raya, Sudahkah Menjawab Kebutuhan Masyarakat?

"Mereka akan tampil di tiga kelas lomba yakni kelas Junior, kelas Senior dan Expert," jelas Fredi.

Gokart yang dipakai memiliki spesifikasi dapur pacu mengandalkan QS Motor dengan tenaga baterai 72 volt 45 KW yang dipasang di bagian belakang unit gokart.

Tiga unit gokart listrik dipakai untuk melakukan uji coba lintasan balap yang memiliki lebar 6 meter di sepanjang 996 meter Sirkuit EV PUPR Bandung.

Untuk setiap ruas berbeda menggunakan aspal berkualitas sesuai kebutuhan termasuk aspal lintasan yang sama dengan yang dipakai di Sirkuit Mandalika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com